Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CHIuXiD 2019: Memperkuat Transformasi Digital

Kompas.com - 18/04/2019, 12:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - "CHIuXiD 2019 5th International Human-Computer Interaction (HCI) and User Experience (UX) Conference" dilaksanakan di Binus University, Jakarta (1/4/2019). Konferensi internasional ini dihadiri berbagai kalangan professional, akademisi maupun media.

CHIuXiD 2019 dibuka Josh Adi Tedjasaputra (ACM SIGCHI Chapter Chair) didampingi Yohannes Kurniawan dan Auzi Asfarian perwakilan dari pengurus Perkumpulan Interaksi Digital Indonesia (PIDI).

Sebagai konferensi internasional yang diakui Association of Computer Machinery (ACM) yang bermarkas di New York, CHIuXiD mendapatkan status sebagai konferensi “ACM In Cooperation” yang merupakan wadah pakar, pimpinan perusahaan, profesional dan akademisi seluruh dunia untuk berkolaborasi di bidang HCI and UX.

Bidang HCI dan UX

Dengan mengangkat tema “Empowering Digital Transformation”, konferensi ini mendapat perhatian, dukungan dan kontribusi dari komunitas dan organisasi internasional seperti; Indonesia ACM SIGCHI Chapter, Perkumpulan Interaksi Digital Indonesia (PIDI), UX Indonesia (Indonesia dan Australia), Universitas Bina Nusantara, Universitas Ciputra, Universitas Kristen Petra, STMIK Primakara, Interaction Design Foundation, Mozilla, dan lainnya.

Baca juga: Kemenkominfo: 2030 Industri Digital Butuhkan 9 Juta Tenaga Kerja

CHIuXiD 2019 menghadirkan pembicara dan ahli bidang HCI dan UX antara lain; Professor Aaron Quigley (University of St Andrews, Scotland), Julie Williamson (University of Glasgow, Scotland), Adi Tedjasaputra (Google Dev Expert, Australia), Gerald Ariff (Haruka Edu, Indonesia), Srinath V (Google Dev Expert, India) dan masih banyak lainnya.

Adi Tedjasaputra menyampaikan materi "Empowering Digital Transformation" berfokus pada sikap masyarakat Indonesia terhadap transformasi digital yang terjadi saat ini.

Salah satu pembicara Skotlandia Aaron Quigley menyampaikan materi mengenai "Immersive Analytics" menggunakan perangkat kacamata VR beserta alat peraganya.

Pada sesi ini Aaron Keynote memaparkan bagaimana mencari pengembangan lebih pada analisis dan data sehingga menghasilkan interpretasi yang berbeda dan lebih dalam. Sesi Keynote ditutup pembicara dari India yaitu Srinath V dengan membawakan materi mengenai bagaimana kita menyikapi user sebagai awal dari lahirnya sebuah produk.

Jembatani profesional dan akademisi

Selain menghadirkan berbagai narasumber berpengalaman dalam HCI dan UX di dunia usaha maupun akademik, CHIuXiD 2019 juga menghadirkan program workshop yang memberikan kesempatan kepada peserta berdiskusi dan praktek secara langsung dengan pakar HCI dan UX dari berbagai latar belakang pengalaman profesional.

Workshop berlangsung selama 90 menit di penghujung hari sebagai kegiatan setelah sesi keynote dengan memiliki tema masing-masing di setiap sesinya.

Ada empat sesi dibuka selama hari pertama CHIuXiD 2019, antara lain; (1) User, Product, and Marketing oleh Srinath V; (2) Using State Machines to Model User Interface oleh Julie Williamson; (3) Wearable and Machine Learning: Applications of Artificial Intelligence, Approaches on Textile Technology oleh Eleftherios Avramidis dan Friederike Frobel; (4) Immersive Analytics oleh Aaron Quigley.

Konferensi multi-kota yang unik dan inklusif ini juga akan diselenggarakan tanggal 3 - 6 April 2019 di Surabaya (Universitas Ciputra dan Universitas Kristen Petra) dan 8 - 9 April 2019 di Bali (Hilton Garden Inn).

CHIuXiD 2019 menjadi satu-satunya konferensi UX di Asia yang menjembatani antara profesional dan akademisi berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam bidang HCI dan UX.

Dalam berbagai kesempatan, peserta akan dapat mengikuti program-program seperti: Keynotes, Business Stories, Academic Paper Presentation, Hands-on Workshop, Community Outreach, Hacksprint, UX Clinic, dan Cultural Tour.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com