Kompas.com - 18/04/2019, 13:22 WIB

KOMPAS.com - Pemakaian gadget dan pemanfaatan media sosial menjadi kebutuhan di kalangan masyarakat, termasuk kalangan anak. Dampaknya bisa menjadi sarana interaksi bagi anak, tetapi di lain pihak membuat anak kecanduan.

Tingkat lebih parah, gawai dan media sosial justru dapat membuat anak a-sosial dan menghambat pertumbuhan psikologis di kemudian hari. Hal ini disebabkan karena anak menjadi malas melakukan aktifitas luar rumah dengan adanya games-online dan tontonan serta beragam pilihan di gawai.

Hal inilah kemudian mendorong beberapa dosen Universitas Indonesia (UI) melakukan penelitian bertema "Literasi Sosial Media untuk Anak".

Jadi labil tanpa gawai

Tim peneliti diketuai dosen Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI), Effy Rusfian yang meneliti 135 siswa berusia 11-13 tahun di SDN 01 Sawangan, Depok pada Selasa (16/4/2019).

Penelitian menunjukkan melarang pemakaian gadget dan media sosial di kalangan anak-anak tidak mungkin dilakukan karena akan menyebabkan anak-anak menjadi labil secara psikologis dan sosial.

Baca juga: Tak Selalu Berdampak Buruk Bagi Anak, “Gadget” Bikin Belajar Lebih Menyenangkan

 

Menurut Effy, peran orang tua dan guru sangat besar dalam memberikan bimbingan dan panduan kepada anak-anak agar mampu membatasi diri dan mampu menyaring pemakaian gadget dan media sosial agar bermanfaat dan berdampak postif.

Aplikasi berdampak positif

Peneliti UI juga memberikan sosialisasi berupa panduan terkait aplikasi yang patut diakses anak dan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi anak.

"Sosialisasi ini dilakukan dengan langsung memberikan contoh dan praktek kepada anak didik. Selain itu, juga dilakukan kegiatan FGD kepada para guru dan orang tua murid sebagai stakeholder pada lingkungan anak," terang Effy melalui rilis resmi UI.

Dalam pengabdian masyarakat ini juga dilakukan pre-test dan post-test berupa pengisian questioner didampingi tim periset yaitu mahasiswa FIA UI sehingga nantinya dapat diketahui perubahan perilaku anak setelah dilakukan sosialisasi literasi media sosial pada 3 bulan mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.