KILAS

Atalia Kamil Bakal Luncurkan Dua Buku Anak di Festival Literasi 2019

Kompas.com - 19/04/2019, 21:15 WIB
Atalia Praratya, istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah dikukuhkan sebagai Bunda Literasi. Dok Humas Pemprov JabarAtalia Praratya, istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah dikukuhkan sebagai Bunda Literasi.

KOMPAS.com - Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya, akan meluncurkan dua buku anak, yakni "Mia dan Ikan Goreng" dan "Catatan Kecil Tentang Kita".

Peluncuran buku itu akan dilaksanakan pada Sabtu (20/4/2019) bertepatan dengan Festival Literasi 2019 yang dihelat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda). Isi kedua buku baru itu akan ia sampaikan besok. 

Atalia mengungkapkan alasan diselenggarakannya Festival Literasi 2019 ini salah satunya karena kegemaran masyarakat untuk membaca dan memahami suatu makna dari bacaan masih rendah. 

“Banyak orang yang sudah melek aksara, namun masih sedikit yang mengerti makna membaca yang sesungguhnya. Membaca tidak sekadar mengeja kata-kata. Membaca adalah memahami makna yang tersurat yang pada di kata-kata. Kini dengan era digital kita bisa lebih mudah mencari bahan bacaan yang bermanfaat melalui smartphone,” ujarnya, Jumat (19/4/19).

Sebagai informasi, Atalia telah dikukuhkan sebagai Bunda Literasi pada 15 November 2019 oleh Kepala Perpustakaan Republik Indonesia. Ia menuturkan, penyelenggaraa. Festival Literasi 2019 bertema “Habis Gelap Terbitlah Terang”, adalah rangka menyambut Hari Buku Sedunia dan juga Hari Kartini.

Kegiatan itu sekaligus merayakan Hari Buku Internasional yang ditetapkan oleh UNESCO pada 23 April 2019, sebagai hari perayaan tahunan untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan juga hak cipta. 

“Sosok Kartini yang diperingati setiap 21 April  bukan hanya sebagai tokoh emansipasi perempuan saja, melainkan juga sebagai Sang Pencerah yang mampu menunjukkan cahaya terang melalui pendidikan dan pengetahuan, memusnahkan kebodohan atau kegelapan dengan mendidik anak-anak salah satunya melalui membaca,” ujar Atalia menambahkan. 

Adapun Festival Literasi akan digelar pukul 08.00-15.00 di area Parkir Gedung Sate, Jalan Diponegoro. Selain pasar buku dari berbagai penerbit dan Pameran Produk Literasi dari 27 Kota atau Kabupaten se-Jawa Barat, agenda Festival Literasi 2019 juga akan mencatatkan beberapa peristiwa penting.

Di antaranya, yaitu penandatanganan deklarasi literasi antara Gubernur Jawa Barat, Kepala Perpusnas RI, Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan Direktur Bank Bjb.

"Pagi harinya akan digelar Rapat Koordinasi dan Workshop Bunda Literasi Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat," jelas Atalia, yang juga akrab disapa dengan Bu Cinta ini. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X