Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Difabel Mandiri lewat "Festival Vokasi Teman Disabilitas"

Kompas.com - 19/04/2019, 23:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - "Festival Vokasi Teman Disabilitas" merupakan gagasan roadshow training keterampilan yag diinisiasi Thisable Enterprise di 10 kota mulai 14 Maret 2019 – 13 April 2019.

"Festival Vokasi Teman Disabilitas" berlangsung di Surabaya (14 Maret), Malang (19 Maret), Solo (21 Maret), Yogyakarta (23 Maret), Kebumen (24 Maret), Bandung (28 Maret), Semarang (31 Maret), Cirebon (2 April), Bekasi (9 April), dan berakhir di Jakarta (13 April).

Thisable Enterprise sendiri merupakan  social enterprise  bidang employment service, didirikan perempuan penyandang tunarungu/tuli Angkie Yudistia sejak tahun 2011 untuk memberdayakan ekonomi penyandang disabilitas agar dapat memperoleh pekerjaan.

Wadah disabel mandiri

Adapun Thisable memiliki kurang lebih 2.000 database Jabodetabek yang telah dilakukan asesmen agar siap disalurkan ke dunia kerja.

Baca juga: Jangan Khawatir, Penyandang Disabilitas Juga Bisa Cari Pekerjaan di Job Fair Nasional 2019!

 

Dengan gagasan training secara roadshow ini, target 2.000 tambahan penyandang disabilitas area pulau Jawa diharapkan akan memperoleh  training secara gratis agar siap menghadapi inklusifitas pekerjaan yang dibutuhkan saat ini.

“Setelah 8 tahun Thisable Enterprise hadir menjadi wadah teman disabilitas dan keluarganya agar mandiri secara ekonomi untuk skala Jabodetabek, inilah saatnya untuk bisa memberdayakan lebih banyak lagi di area luar Jobodetabek yang membutuhkan pekerjaan. Semakin banyak yang diberi training, semakin banyak tenaga kerja terdidik terserap perusahaan” jelas Angkie.

Program inklusi kerja

Mengusung tagline #BersatuUntukBerdaya, Thisable mengajak semua pihak ikut berkontribusi menyukseskan program "Festival Vokasi Teman Disabilitas" ini menjadi program inklusi yang dapat membuka kesempatan seluas-luasnya kepada perusahaan untuk merekrut penyandang disabilitas.

Undang-undang telah menekankan hak-hak penyandang disabilitas yang salah satunya adalah hak pekerjaan, kewirausahaan dan koperasi.

Meskipun hak-hak tersebut telah dijamin negara, dalam implementasinya penyandang disabilitas masih menghadapi tantangan untuk dapat diterima bekerja di sektor formal.

Pemberdayaan disabilitas

Thisable menyebut berdasarkan data Bappenas hanya 25 persen penyandang disabilitas di Indonesia yang bekerja, baik di sektor formal maupun informal.

Sebanyak 39,9 persen sebagai petani, 32,1 persen bekerja sebagai buruh, 15,1 persen bekerja di sektor jasa dan sisanya bekerja di perusahaan swasta atau menjadi wiraswasta.

Terdorong hal itu, Thisable Enterprise selaku social enterprise yang sudah bergerak dalam bidang pemberdayaan menyadari hal ini harus dapat diselesaikan untuk mewujudkan terciptanya pemberdayaan teman disabilitas secara massif di beberapa kota di Pulau Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com