Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guru Besar President University: Jangan Jadi Profesor "PTP"

Kompas.com - 27/04/2019, 21:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Senat President University menggelar upacara pengukuhan Guru Besar Prof. Jony Oktavian di Auditorium Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Cikarang (26/4/2019).

Pengukuhan Guru Besar yang sekaligus merupakan Rektor ini merupakan kali pertama di lingkungan President University.

Dalam orasi ilmiahnya, Prof. Jony memaparkan tema "Peluang dan Etika Penelitian tentang Anak Sebagai Pasar Potensial: Pasar yang Tidak Disadari".

Anak dan pasar potensial

Dalam orasi ilmiah, Prof. Jony menyampaikan, "Kehadiran anak seringkali dilupakan sebagi pasar potensial."

Padahal, menurutnya pasar anak-anak mencakup tiga pasar sekaligus: (1) pasar primer di mana anak sebagai pembeli langsung, (2) pasar pemberi pengaruh yang menjadi faktor penting orangtua dalam memutuskan, dan (3) pasar masa depan di mana anak yang telah terpapar brand saat ini memiliki potensi besar menjadi loyal brand.

Baca juga: Menteri Nasir Sindir Profesor yang Nikmati Tunjangan, tapi Tak Meriset

"Jika sejak usia dini dapat diindentifikasi apa yang menjadi penyebab loyalitas anak pada brand maka dapat terjadi terobosan besar di dunia pemasaran dan ilmu manajemen secara umum," ujarnya.

Anak dan etika pemasaran

Meski demikian, melalui penelitian panjang selama 10 tahun Prof. Jony mengingatkan untuk tetap mengedepankan etika dalam bisnis pemasaran di segmen anak-anak.

"Meski pasar anak sangat besar dan potensial, namun anak-anak tetaplah anak-anak. Mereka memiliki keterbatasan dalam memilih dan mengelola informasi yang mereka terima," tegasnya.

Untuk itu, bagi pemasar sangat penting untuk mempehatikan aspek etika dalam melakukan kegiatan pemasaran kepada anak. "Kami memperkenalkan konsep virtue ethic sebagai pendekatan alternatif baru bagi kegiatan pemasaran kepada anak, tambah Prof. Jony.

Virtue ethic yang merupakan kebiasaan untuk terus menerus melakukan kebaikan diyakini Prof. Jony mampu mengatasi eksploitasi kegiatan pemasaran kepada anak.

Jangan jadi profesor "PTP"

Senat President University menggelar upacara pengukuhan Guru Besar Prof. Jony Oktavian di Auditorium Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Cikarang (26/4/2019).Dok. President University Senat President University menggelar upacara pengukuhan Guru Besar Prof. Jony Oktavian di Auditorium Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Cikarang (26/4/2019).

Kepada Kompas.com, Prof. Joni menyampaikan harapannya akan banyak kolega dosen yang mengikuti jejaknya sebagai Guru Besar.

Terlebih dalam kesempatan sebelumnya, Prof. Uman Suherman Koordinator LL Dikti Wilayah IV menyampaikan saat ini LL Dikti Wilayah IV Jawa Barat dan Banten baru memiliki 82 Guru Besar atau Profesor.

"Jika tiap prodi saja bisa memiliki 1 Guru Besar, maka kita mengharapkan akan ada 1.000 Guru besar untuk 2.300 prodi di 486 universitas di Jawa Barat dan Banten," harap Prof. Usman.

Dalam sambutannya, Guru Besar UI Prof. Rhenald Kasali mengingatkan Guru Besar harus memiliki jiwa petarung agar tidak berhenti di zona nyaman setelah meraih gelar Profesor. "Seorang Guru Besar harus memiliki fighting spirit untuk melakukan perubahan," ujarnya.

Hal senada kemudian ditegaskan Prof. Jony, "Gelar ini menjadi tantangan untuk tidak menjadi 'PTP', Profesor Tanpa Program. Profesor seharusnya tidak berhenti saat ia telah meraih gelar.

"Sebaliknya, harus menjadi lebih produktif dalam membaktikan diri lewat penelitian, jurnal ilmiah atau menghasilkan inovasi yang berdampak pada masyarakat," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com