Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengabdian Masyarakat UI Tingkatkan Kualitas "Kopi Buntis"

Kompas.com - 01/05/2019, 22:04 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) yang terdiri dari dosen, mahasiswa dan para praktisi bidang kopi memberikan pelatihan kepada kelompok petani muda kopi "Buntis" di Desa Cimenyan, Bandung untuk menghasilkan produk kopi yang berkualitas.

Komunitas Buntis merupakan Kelompok Tani Kopi binaan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Kelompok ini beranggotakan 22 orang petani kopi dengan produk Kopi Arabica “Buntis Honey Process dan Washed Process“.

Tim Pengmas UI menghadirkan beberapa pemateri berkompeten antara lain Yuda Muhammad Zaelani (Pelaksana Brigade Proteksi Tanaman UPTD Balai Perlindungan Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat) serta Temy Riyadi (Suka Sangrai Roastery) serta para dosen tetap Program Pendidikan Vokasi UI.

Bimbingan teknis produk kopi

 

Para narasumber memberikan pengarahan dan bimbingan teknis budidaya, pemeliharaan, panen dan pascapanen tanaman kopi, proses sortasi kopi untuk cita rasa yang baik, cara packaging dan mempromosikan produk kopi.

Baca juga: Kisah Arul, Anak Tukang Las & Penyapu Jalan Diterima Kedokteran UI

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan para petani kopi agar dapat menghasilkan kopi yang berkualitas melalui kegiatan pelatihan dan sertifikasi yang terukur dengan maksimalkan potensi yang dimiliki, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan para petani muda kopi Cimeyan, Bandung," ujar Sandra Aulia Ketua tim Pengmas UI.

Selain pelatihan, para petani kopi ini juga memperoleh bantuan alat berupa cangkul, plastik penjemuran, rak penjemuran, Mesin Huller dan pembasmi/pengendali hama.

Hasilkan kopi berkualitas

Dalam program ini, tim Pengmas UI melibatkan Dewaji Coffee sebagai fasilitator. Dewajie Coffee merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang sudah dikenal masyarakat Bandung dan membina dengan intensif para petani Kopi Buntis.

Dewaji Coffee hadir sebagai fasilitator pelatihan para kelompok tani muda kopi untuk menghasilkan kopi berkualitas.

Andika Ajie pemilik Dewaji Coffee menyampaikan, "Selama dua tahun kami telah berupaya untuk membantu meningkatkan para petani Kopi Buntis, Cimenyan. Kami melihat potensi yang cukup tinggi pada proses produksi dan kualitas hasilnya."

"Kami berharap peningkatan pengetahuan dan keahlian yang disampaikan secara rutin dapat lebih meningkatkan kemampuan dan kualitas produksi mereka, terutama dengan bantuan tim pengabdian masyarakat UI yang kesinambungan" ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com