KILAS

Hadapi Generasi Z, Wali Kota Danny Minta Guru Harus Terus "Update"

Kompas.com - 03/05/2019, 08:49 WIB
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto saat menjadi inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Kamis (2/5/2019) KOMPAS.com / Hendra CiptoWali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto saat menjadi inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Lapangan Karebosi, Kota Makassar, Kamis (2/5/2019)


MAKASSAR, KOMPAS.com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyebutkan jika seorang guru harus terus update ataumemperbaharui wawasan setiap harinya.

“Pendidikan hari ini membuat kita sadar sebagai pendidik agar terus meng-update ilmu yang dimiliki. Tantangannya semakin besar, generasi Z yang kita hadapi ini butuh pendampingan lebih. Inilah tantangan pendidikan nasional saat ini,” ucapnya.

Hal itu dikatakan Danny Pomanto saat menjadi inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas), di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Kamis (2/5/2019), seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal senada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy lewat pesan tertulis yang dibacakan Danny. Menurutnya saat ini peserta didik kita didominasi generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi.

Generasi Z adalah orang yang lahir pada periode 1995 - 2010. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru.

Untuk itu, kata Danny, sekolah dan pada guru pun bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan seperti keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan,” kata Danny.

Tak hanya itu, Danny menegaskan pula untuk tetap berpegang teguh terhadap budaya yang ada. Sebab budaya menjadi sumber inspirasi dan daya dukung, sehingga menjadi pondasi bagi kemajuan pendidikan di Kota Makassar.

Pada peringatan ini pula Danny me-launching 10 SMPN baru tanpa harus mengeluarkan biaya besar dalam hal pembebasan lahan, pembangunan gedung, penyediaan sarana pembelajaran bahkan tanpa harus mengangkat guru dan tenaga kependidikan yang baru.

Dua diantaranya adalah SMPN 46 dan SMPN 47 yang terletak di Kecamatan Makassar. Danny bercerita dan sekaligus berterima kasih kepada Kadisdik Kota Makassar, Rahman Bando yang telah berhasil menghadirkan dua SMPN di Kecamatan Makassar.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X