Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Hadapi Generasi Z, Wali Kota Danny Minta Guru Harus Terus "Update"

Kompas.com - 03/05/2019, 08:49 WIB
Mikhael Gewati

Editor


MAKASSAR, KOMPAS.com
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyebutkan jika seorang guru harus terus update ataumemperbaharui wawasan setiap harinya.

“Pendidikan hari ini membuat kita sadar sebagai pendidik agar terus meng-update ilmu yang dimiliki. Tantangannya semakin besar, generasi Z yang kita hadapi ini butuh pendampingan lebih. Inilah tantangan pendidikan nasional saat ini,” ucapnya.

Hal itu dikatakan Danny Pomanto saat menjadi inspektur upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Kamis (2/5/2019), seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal senada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy lewat pesan tertulis yang dibacakan Danny. Menurutnya saat ini peserta didik kita didominasi generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi.

Generasi Z adalah orang yang lahir pada periode 1995 - 2010. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru.

Untuk itu, kata Danny, sekolah dan pada guru pun bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan seperti keluarga, sekolah dan masyarakat.

“Ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung dan menguatkan,” kata Danny.

Tak hanya itu, Danny menegaskan pula untuk tetap berpegang teguh terhadap budaya yang ada. Sebab budaya menjadi sumber inspirasi dan daya dukung, sehingga menjadi pondasi bagi kemajuan pendidikan di Kota Makassar.

Pada peringatan ini pula Danny me-launching 10 SMPN baru tanpa harus mengeluarkan biaya besar dalam hal pembebasan lahan, pembangunan gedung, penyediaan sarana pembelajaran bahkan tanpa harus mengangkat guru dan tenaga kependidikan yang baru.

Dua diantaranya adalah SMPN 46 dan SMPN 47 yang terletak di Kecamatan Makassar. Danny bercerita dan sekaligus berterima kasih kepada Kadisdik Kota Makassar, Rahman Bando yang telah berhasil menghadirkan dua SMPN di Kecamatan Makassar.

“Dulu di Kecamatan Makassar tidak ada SMPN, sekarang berkat kerja keras pak kadisdik Makassar warga disana berbahagia karena sudah bisa bersekolah di daerahnya sendiri,” jelas Danny.

Pada kesempatan ini pula, seluruh siswa di Kota Makassar hadir mempersembahkan beberapa parade, seperti tarian, fashion show, gerakan pramuka, dan puisi.

Ada hal menarik ketika para siswa membacakan puisi untuk Wali Kota Makassar dan Wakil Wali Kota Makassar. Mereka membacakan puisi yang menguncapkan terima kasih kepada kedua pimpinan Kota Makassar itu.

“Terima kasih pak Wali dan Wawali. Berkat kalian pendidikan di Makassar semakin maju. Kalian pahlawanku," ujar para siswa

Mendengar hal itu nampak mata Danny berkaca-kaca. Usai pembacaan puisi Danny dan Deng Ical langsung memeluk dan menyalami para siswa tersebut.

Berikut 10 SMPN baru yang di-launching Danny di Hardiknas

1. SMPN 46 Makassar, Jl Gunung Latimojong
2. SMPN 47 Makassar, Jl Maccini Sawah
3. SMPN 48 Makassar, Jl Hertasning Blok E 4/1
4. SMPN 49 Makassar, Jl Syekh Yusuf
5. SMPN 50 Makassar, Jl Muhammadiyah
6. SMPN 51 Makassar, Jl Tamangapa V
7. SMPN 52 Makassar, Jl Urip Sumiharjo
8. SMPN 53 Makassar, Jl Samiun
9. SMPN 54 Makassar, Jl Saharaeng Daeng Sese
10. SMPN 55 Makassar, Jl A. Paturungi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com