Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokasi UI Geliatkan Nelayan Sadar Wisata di Pesisir Jakarta Utara

Kompas.com - 07/05/2019, 18:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tim Pengabdi Masyarakat (Pengmas) Vokasi Universitas Indonesia (UI) terdiri 4 dosen dan 6 mahasiswa Program Studi Pariwisata dan Program Studi Komunikasi (Periklanan) menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat “Bimbingan Teknis Gerakan Nelayan Sadar Digital Wisata Nelayan Jakarta Utara”.

Kegiatan yang menyasar 100 nelayan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para nelayan serta daya tarik wisatawan di 12 destinasi wisata Pesisir Jakarta Utara.

Tim Pengabdi Masyarakat Vokasi UI melakukan sosialisasi sadar wisata dan pelatihan aktivitas pada Minggu (5/5/2019) di Rusun Marunda Jakarta Utara.

Pemberdayaan nelayan di daerah bersejarah

Ketua Pengabdi Vokasi UI Priyanto menuturkan latar belakang kegiatan pengmas, “Nelayan yang berada di pesisir pantai utara Jakarta yaitu daerah Kamal Muara, Muara Baru, Muara Angke, Sunda Kelapa, dan Marunda, merupakan salah satu kelompok masyarakat marjinal di Jakarta."

Baca juga: ITB Gelar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Citarum Expo

Di sisi lain, Priyanto menambahkan, daerah pesisir di Jakarta Utara telah menjadi wilayah penting dalam sejarah Jakarta yaitu awal peradaban kota Jakarta yang perlu dilestarikan.

"Selain itu, nelayan di Jakarta Utara juga mengalami kesulitan dalam menangkap ikan. Kondisi ini menyebabkan perlunya pemberdayaan nelayan agar dapat memperoleh pendapatan dari aktivitas ekonomi lain,” ujarnya.

Dari paket wisata hingga teknik pemanduan

Pakar Pariwisata Vokasi UI yang juga terlibat pengmas, Diaz Pranita menjelaskan Gerakan Sadar Wisata ini berupaya membekali para agen perubahan dengan materi tentang beberapa hal di antaranya:

1. Membangun Pengalaman Wisata dan Gerakan Sadar Wisata.

2. Membuat Paket Wisata 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir yang Menarik.

3. Mempromosikan 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir melalui Media Digital.

4. Teknik Pemanduan Wisata di 12 Destinasi Wisata Pesisir.

Diaz menjelaskan ada potensi kampung nelayan menjadi atraksi bahari, kekayaan budaya dan sejarah bahari.

Belajar publikasi lewat media digital

Sejumlah arahan bagi para nelayan berupa pembuatan paket wisata, menyewakan perahu untuk wisata di sepanjang pesisir dan ke Kepulauan Seribu, menyiapkan kuliner khas Jakarta Utara, menjadi pemandu wisata, menyediakan homestay, dan mempertahankan upacara adat merupakan alternatif pekerjaan yang dapat dilakukan oleh nelayan.

Nelayan juga diajarkan mendukung kegiatan promosi dan publikasi secara digital dengan mengunggah kegiatan dan paket-paket wisata yang ditawarkan, edukasi kapan waktu yang tepat dan bagaimana tampilan efektif di media digital seperti Facebook dan Instagram.

Kegiatan ini juga menggandeng Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) DKI Jakarta diwakili Wakil DPD Irdi Rasidin.

Diharapkan, kegiatan pengmas Vokasi UI dapat terus mendukung pekembangan ekononomi diberbagai sektor termasuk salah satunya adalah pariwisata. Dengan demikian para penerima manfaat dapat merasakan kehadiran dan peran dari UI secara nyata dan berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com