Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Pelaksanaan Pemilu 2019, Ini 4 Pernyataan Sikap Mahasiswa

Kompas.com - 20/05/2019, 19:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kelompok Mahasiswa Cipayung Plus saat bertemu Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( Menristekdikti) Mohamad Nasir di Gedung D Kemenristekdikti (20/5/2019) menyampaikan 4 pernyataan sikap terkait Pemilu 2019.

Kelompok Cipayung Plus merupakan gabungan dari; Kelompok Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), serta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (HIKMAHBUDHI), serta Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI).

Berikut 4 pernyataan sikap Kelompok Cipayung Plus (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI serta IMM, Hikmahbudhi, KMHDI):

1. Pemilu sesuai amanah konstitusi

Baca juga: Himpunan Mahasiswa Cipayung Plus: Mahasiswa Tidak Akan Demo 22 Mei

Kami mahasiswa Indonesia – yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI), IMM, Hikmahbudhi, KMHDI – mengapresiasi Pemilihan Umum, baik Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) yang diselenggarakan tanggal 17 April 2019, telah berjalan lancar sesuai Amanah Konstitusi berdasarkan asas Jurdil dan Luber. Karena itu, kami mengimbau seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Partai Politik, untuk menerima hasilnya.

2. KPU dan Bawaslu bertugas profesional

Kami mahasiswa Indonesia – yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI), IMM, Hikmahbudhi, KMHDI – mengapresiasi KPU, Bawaslu, dan seluruh perangkatnya yang telah melaksanakan tugas dengan baik dan profesional.

3. Selesaikan dugaan kecurangan sesuai perundangan

3. Kami mahasiswa Indonesia – yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI), IMM, Hikmahbudhi, KMHDI – mengimbau kepada seluruh Partai Politik, sebagai kontestan Pemilu, dan pasangan Calon Presiden – Calon Wakil Presiden, agar dengan berbesar hati menerima hasil Pemilu beserta perhitungannya. Apabila ada sengketa dan perselisihan, sebagai akibat adanya dugaan kecurangan, maka kami mengimbau agar diselesaikan melalui mekanisme yang sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

4. Menjaga persatuan dan kesatuan

Kami mahasiswa Indonesia – yang tergabung dalam Kelompok Cipayung (HMI, PMII, GMKI, GMNI, PMKRI), IMM, Hikmahbudhi, KMHDI – mengimbau kepada seluruh elemen Bangsa Indonesia agar selalu menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com