"Writing Competition": 16 Beswan Djarum Adu Gagasan Inovatif & Kreatif

Kompas.com - 24/05/2019, 12:37 WIB
Babak final Writing Competition Beswan Djarum 2018/2019 digelar Djarum Foundation di Yogyakarta pada 21-22 Mei 2019. Dok. Djarum FoundationBabak final Writing Competition Beswan Djarum 2018/2019 digelar Djarum Foundation di Yogyakarta pada 21-22 Mei 2019.

 

KOMPAS.com -  Djarum Foundation kembali menggelar "Writing Competition Beswan Djarum 2018/2019". Kompetisi terbuka bagi 465 Beswan Djarum (sebutan bagi mahasiswa penerima program Djarum Beasiswa Plus) 2018/2019 yang tersebar di puluhan perguruan tinggi ternama di seluruh Indonesia.

Kompetisi digelar dalam dua tahap. Pada tahap pertama para peserta terlebih dahulu menjalani kompetisi di tahap regional yang dibagi dalam empat wilayah atau regional yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

Dari setiap wilayah itu terpilih dua mahasiswa mewakili kategori Non-Eksakta serta dua mahasiswa lainnya mewakili kategori eksakta. 

Tahun ini Yogyakarta mendapat giliran menjadi tuan rumah pelaksaan babak Final Nasional Writing Competition Writing yang berlangsung  pada 21-22 Mei 2019 di mana 16 mahasiswa perwakilan 4 regional saling beradu gagasan.

Pemikiran kritis

"Dari jumlah itu, panitia menerima 262 tulisan atau abstraksi yang ikut dalam Writing Competition tahun ini. Kami lihat satu persatu dan akhirnya ada 165 esai yang kemudian mereka kirimkan kembali untuk diuji dalam Writing Competition ini," ujar Adrian Hadinata , Program Officer Bakti Pendidikan Djarum Foundation dalam konferensi media di Yogyakarta, (22/5/2019).

Baca juga: Delegasi Beswan Djarum Rebut Dua Penghargaan Debat Internasional

Adrian menambahkan, tahun ini tulisan masuk banyak mengangkat 2 tema besar yang sedang hangat di masyarakat yakni mengenai SDG's (Sustainable Development Goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan dan isu lingkungan.

"Ini membuktikan, para mahasiswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan yang sedang ada di tengah masyarakat dan mereka terpanggil untuk mencari solusi atau inovasi mengatasi tantangan itu," jelas Adrian kepada Kompas.com.  

Hal senada kembali ditegaskan Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad, "Writing Competition merupakan kelanjutan pembekalan soft skills yang diberikan kepada Beswan Djarum. Sebelumnya, mereka sudah menerima berbagai pelatihan seperti Character Building dan juga Leadership Development."

Primasi menambahkan, "Setelah beragam soft skills tersebut, Writing Competition menjadi ajang bagi Beswan Djarum menunjukkan pemikiran kritisnya terhadap permasalahan bangsa dan memberikan gagasan orisinal berdasarkan keilmuan yang ditekuninya.” 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X