Bermain Saat Liburan Bisa Tingkatkan Tumbuh Kembang Anak

Kompas.com - 26/05/2019, 05:44 WIB
Ilustrasi anak di arena bermainKURNIASIH BUDI/ KOMPAS.COM Ilustrasi anak di arena bermain

JAKARTA, KOMPAS.com - Liburan bisa menjadi momentum yang tepat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Salah satu cara efektif untuk mendukung tumbuh kembang buah hati adalah dengan bermain.

Orangtua dapat menyediakan waktu khusus untuk bermain bersama anak, utamanya permainan dengan aktivitas fisik. Bukan tanpa sebab aktivitas fisik anak wajib menjadi perhatian orangtua di era digital saat ini.

Penelitian Children’s Hospital of Eastern Ontario Research Institute di Amerika Serikat yang dilansir Kompas.com (8/1/2019) menyatakan, anak yang bermain gawai lebih dari 2 jam sehari akan mengalami penurunan kemampuan kognitif.

Oleh karenanya, orangtua perlu membatasi waktu bermain gadget pada anak tidak lebih dari 2 jam per hari. Riset itu dilakukan dengan mengamati 4.500 anak-anak berusia 8 hingga 11 tahun. Para periset meneliti berapa banyak waktu yang biasa dihabiskan anak-anak tersebut untuk bermain gadget, tidur, serta beraktivitas fisik.

Baca juga: Main Gadget Lebih dari 2 Jam Turunkan Kemampuan Kognitif Anak

Bermain tak hanya menjadi kegiatan menyenangkan bagi anak-anak, melainkan juga sarana untuk belajar. Permainan sederhana seperti meluncur di papan seluncur kelihatannya sepele. Padahal, anak-anak bisa melatih keseimbangan dan percaya diri dengan bermain di papan seluncur.

Permainan lain yang dapat meningkatkan keterampilan motorik di antaranya melempar bola dan bermain di kolam bola (mandi bola). Lewat permainan itu, anak juga bisa belajar mengenal lingkungan sekitar dan melatih berpikir kritis.

Arena bermain dalam ruang

Sayangnya, anak-anak di kota besar seperti Jakarta sulit menemukan tempat bermain yang cukup memadai untuk mendukung tumbuh kembangnya. Keterbatasan lahan menjadi satu dari sekian penyebabnya.

Anak-anak membutuhkan tempat bermain yang aman dan nyaman untuk beraktivitas fisik. Salah satu tempat bermain yang dirancang khusus untuk mendukung anak Jakarta bergerak aktif adalah Play ‘N’ Learn yang berada di Lippo Mal Kemang.

“Melalui penelitian, observasi, dan uji coba yang cermat, kami telah menciptakan struktur, area, dan aktivitas di mana anak-anak dapat bermain dengan aman, dan pada saat yang sama dapat mengasah serta meningkatkan perkembangan keterampilan,” kata Caroline Leong, CCO TEEG Group, Sabtu (25/5/2019).

Arena bermain ini memiliki sejumlah kolam bola terbesar dari semua taman bermain indoor yang ada di Jakarta. Dengan luas 360 meter persegi, arena bermain anak ini mampu menampung sekira 500 anak.

Anak-anak bermain di arena Play N Learn Lippo Mal Kemang JakartaDok. Play N Learn Anak-anak bermain di arena Play N Learn Lippo Mal Kemang Jakarta
Tak cuma melatih keterampilan motorik kasar, ruang bermain bagi anak ini membantu anak-anak untuk bersosialisasi serta meningkatkan keterampilan kerja tim. Pada saat tertentu, arena permainan ini memiliki kelas spesial, misalnya cooking class.

Desain arena bermain ini pun secara khusus memungkinkan orangtua untuk bisa berinteraksi dengan anak-anaknya. Di salah satu sudut arena, tersedia kafe yang menyediakan beragam minuman dan panganan yang dapat dinikmati keluarga.

“Orangtua bisa bermain, bersenang-senang, serta mendukung perkembangan penting anak dalam satu momentum,” kata GM Marketing PT Matahari Graha Fantasi Bobby Hartono.

Anak bersama seorang pendamping dapat mengeksplorasi arena bermain seharian dengan biaya Rp 120.000. Jika kedua orangtua ingin mendampingi anak di area permainan tentu saja Anda mesti merogoh kocek dua kali lipat.

Nah, sudahkah Anda memiliki agenda khusus bersama anak? Tak salah bila Anda mengisi liburan kali ini dengan bermain bersama anak-anak sepuasnya. Selamat berlibur!

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X