Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bidang Soshum, 5 Jurusan Ini Paling Diminati

Kompas.com - 04/06/2019, 09:00 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Para peserta yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 perlu mengetahui terlebih dahulu sejauh mana kemampuan dan minat pada suatu bidang ilmu.

Bagi lulusan SMA, SMK, atau sederajat yang menyukai ilmu-ilmu sosial, menentukan jurusan sesuai minat merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk diterima dalam SBMPTN ini.

Maka dari itu, ada baiknya mencari tahu jurusan yang banyak diminati di bidang sosial humaniora (Soshum). Berikut ini daftarnya:

1. Manajemen

Jurusan ini menjadi salah satu difavoritkan calon mahasiswa yang berburu kesempatan di bangku kuliah. Banyaknya peminat di jurusan manajemen antara lain karena cukup terkenal dan relatif mudah tersebar di berbagai perguruan tinggi.

Prospek lulusan pun bisa dibilang tidak terbatas karena hampir tidak ada pekerjaan yang tidak memerlukan bagian manajemen dalam operasional.

Baca juga: 5 Program Studi Favorit Tahun Ini Bidang Saintek

Manajemen memiliki beberapa sub-bidang bisa dipilih, misal manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen bisnis, dan manajemen produksi.

Kesempatan pekerjaan juga disesuaikan dengan latar belakang pendidikan yang ditempuh tersebut.

Lulusan manajemen diproyeksikan bisa bekerja di bagian manajemen suatu perusahaan, bagian sumber daya manusia (human resource development), dan bahkan nantinya berprospek menjadi manajer hingga direktur.

2. Komunikasi

Jurusan ini menarik cukup banyak peminat belakangan ini karena peluang kerjanya cukup luas. Materi dipelajari yaitu tentang komunikasi berhubungan dengan pribadi, komunikasi publik, dan komunikasi formal.

Secara spesifik, mahasiswa menempuh studi ini akan belajar antara lain mengenai komunikasi verbal, tulisan, dan audio visual. Hal itu dibagi menjadi berbagai program studi (prodi), misalnya jurnalistik, hubungan masyarakat, penyiaran (broadcasting), dan periklanan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, jurusan manajemen juga makin diminati karena berhubungan dengan perkembangan internet, media massa, dan tren dunia hiburan.

Beberapa peluang kerja lulusan jurusan komunikasi di antaranya bisa menjadi pekerja iklan atau media massa, jurnalis, humas (public relation), copywriter, penyiar, pembawa acara, dan pekerja seni.

3. Akuntansi

Salah satu alasan orang memilih jurusan ini adalah kesempatan mendapatkan penghasilan cukup tinggi jika bisa memanfaatkannya dengan baik.

Nantinya lulusan akuntansi akan berada di bagian keuangan suatu lembaga atau perusahaan, di mana dia akan membuat perencanaan dan pencatatan keuangan, menganalisis, serta melaporkannya kepada pihak manajamen. 

Seorang akuntan juga bisa mengevaluasi dan mengubah sistem masuk keluar keuangan suatu perusahaan agar performa meningkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com