Kompas.com - 04/06/2019, 09:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

 

KOMPAS.com – Para peserta yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 perlu mengetahui terlebih dahulu sejauh mana kemampuan dan minat pada suatu bidang ilmu.

Bagi lulusan SMA, SMK, atau sederajat yang menyukai ilmu-ilmu sosial, menentukan jurusan sesuai minat merupakan salah satu kunci kesuksesan untuk diterima dalam SBMPTN ini.

Maka dari itu, ada baiknya mencari tahu jurusan yang banyak diminati di bidang sosial humaniora (Soshum). Berikut ini daftarnya:

1. Manajemen

Jurusan ini menjadi salah satu difavoritkan calon mahasiswa yang berburu kesempatan di bangku kuliah. Banyaknya peminat di jurusan manajemen antara lain karena cukup terkenal dan relatif mudah tersebar di berbagai perguruan tinggi.

Prospek lulusan pun bisa dibilang tidak terbatas karena hampir tidak ada pekerjaan yang tidak memerlukan bagian manajemen dalam operasional.

Baca juga: 5 Program Studi Favorit Tahun Ini Bidang Saintek

Manajemen memiliki beberapa sub-bidang bisa dipilih, misal manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen bisnis, dan manajemen produksi.

Kesempatan pekerjaan juga disesuaikan dengan latar belakang pendidikan yang ditempuh tersebut.

Lulusan manajemen diproyeksikan bisa bekerja di bagian manajemen suatu perusahaan, bagian sumber daya manusia (human resource development), dan bahkan nantinya berprospek menjadi manajer hingga direktur.

2. Komunikasi

Jurusan ini menarik cukup banyak peminat belakangan ini karena peluang kerjanya cukup luas. Materi dipelajari yaitu tentang komunikasi berhubungan dengan pribadi, komunikasi publik, dan komunikasi formal.

Secara spesifik, mahasiswa menempuh studi ini akan belajar antara lain mengenai komunikasi verbal, tulisan, dan audio visual. Hal itu dibagi menjadi berbagai program studi (prodi), misalnya jurnalistik, hubungan masyarakat, penyiaran (broadcasting), dan periklanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X