Kompas.com - 06/06/2019, 10:51 WIB
Rapat persiapan kunjungan Gubernur Papua Barat bertemu dengan pemerintah dan tokoh swasta di Amerika Serikat yang akan dilakukan pada 7 - 12 Juni nanti digelar di Kantor Perwakilan Provinsi Papua Barat, Cikini, Jakarta (29/5/2019). 
Dok. Kitong Bisa/Billy MambrasarRapat persiapan kunjungan Gubernur Papua Barat bertemu dengan pemerintah dan tokoh swasta di Amerika Serikat yang akan dilakukan pada 7 - 12 Juni nanti digelar di Kantor Perwakilan Provinsi Papua Barat, Cikini, Jakarta (29/5/2019).

KOMPAS.com - Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dalam beberapa tahun ini bekerja keras mempertajam strategi Papua Barat menjadi Provinsi Konservasi dalam upaya mendorong pembangunan berkelanjutan.

Keseriusan ini mendorong Domingus Mandacan menginisiasi Konferensi Internasional terkait keragaman hayati dan wisata berbasis lingkungan (ICBE) yang diikuti penandatanganan deklarasi perlindungan alam Papua dalam Deklarasi Manokwari (7-10/10/2018).

Dalam rapat persiapan kunjungan Gubernur Papua Barat bertemu dengan pemerintah dan tokoh swasta di Amerika Serikat yang akan dilakukan pada 7 - 12 Juni nanti, Gubernur Papua menggandeng Billy Mambrasar, tokoh muda yang mendorong semangat kewirausahaan di Papua dan Papua Barat.

Rapat persiapan diadakan di Kantor Perwakilan Provinsi Papua Barat, Cikini, Jakarta (29/5/2019). 

Menyusun peta jalan "investasi hijau" 

Billy Mambrasar saat ini sedang menjalani tahun terakhir studi di Universitas Oxford di Inggris dan menjadi anggota tim penyusunan dokumen cetak biru dan peta jalan investasi hijau di Papua dan Papua Barat.

Baca juga: Sri Mulyani Dorong Akademisi Beri Solusi Masalah Perubahan Iklim

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokumen ini akan digunakan untuk memberikan arahan bagi perusahaan swasta berinvestasi mengikuti falsafah keberlanjutan di Papua dan Papua Barat, didanai dan didukung Pemerintah Inggris melalui agensi perlindungan dunia dari perubahan iklim (UKCCU).

Diskusi Gubernur dan Billy Mambrasar ini terjadi dalam rangkaian momen persiapan keberangkatan untuk bertemu dengan Investor dan pemerintah Amerika Serikat pekan ini dalam rangka mempromosikan potensi investasi dan alam Papua Barat untuk bisnis berkelanjutan.

Komitmen meningkatkan ekonomi masyarakat

Billy sendiri saat ini sedang dalam tahap penulisan skripsi pascasarjana di Oxford University dan mendalami bagaimana perusahaan swasta melakukan investasi di sebuah negara, harus menghormati falsafah perlindungan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat asli.

Billy menjadikan Papua dan Papua Barat sebagai area riset dan studi kasusnya. Ia juga kerap mempromosikan Papua dan Papua Barat di kampus tempat penerima nobel, dan pemimpin-pemimpin dunia bersekolah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.