Anak Dapat "THR Lebaran"? Ajarkan 5 Hal Ini

Kompas.com - 06/06/2019, 22:30 WIB
Ilustrasi uang receh dan uang koin rupiah SHUTTERSTOCKIlustrasi uang receh dan uang koin rupiah

KOMPAS.com – Hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah telah berlangsung. Di Indonesia, kebiasaan masyarakat dalam merayakan Lebaran yaitu menjalaninya bersama keluarga tercinta.

Semua anggota keluarga besar, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orang tua, berkumpul saling memaafkan dan bersilaturahim.

Momen itu sering juga menjadi kesempatan bagi para orang tua berbagi rezeki kepada anak atau keponakan yang hadir dalam ajang kumpul keluarga tersebut.

Lalu, setelah anak-anak mendapatkan “ THR Lebaran”, bagaimana cara mereka menggunakan dan mengelola uang tersebut? Simak 5 cara sebagai berikut:

1. Ajari menabung

Mengajari cara menabung kepada anak bisa dilakukan mulai dari hal sederhana, misal menyisihkan sebagian uang yang mereka dapat untuk dimasukkan ke celengan. 

Baca juga: 6 Alternatif Hadiah Anak Saat Rayakan Lebaran

Atau bisa juga menyimpan dengan membuka rekening tabungan di bank. Cara ini sekaligus mengenalkan anak pada bank sebagai lembaga keuangan.

Mengajar anak menabung akan membuat mereka terbiasa tidak langsung menghabiskan semua uang dimiliki dan mulai belajar mengelola keuangan untuk masa depan.

2. Percayakan menyimpan uang

Cobalah memberi kepercayaan kepada anak menyimpan uang yang mereka dapatkan saat silaturahim Lebaran.

Sebelumnya, hitung bersama-sama jumlah uang yang mereka dapatkan. Ada baiknya orangtua mengingat atau mencatat sehingga saling mengetahui jumlah uang tersebut.

Dengan memberi kepercayaan, anak akan belajar bertanggung jawab dan menghargai uang yang mereka miliki serta mempertimbangkan prioritas kebutuhan ketika akan membelanjakan.

3. Berbagi rezeki

Beri pengertian kepada anak bahwa THR Lebaran yang mereka dapatkan merupakan pemberian Tuhan. Bisa juga ditambahkan ajaran agama yang memerintahkan berbagi kepada sesama umat manusia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X