Masih Buka Pendaftaran, Politeknik PU Tawarkan 3 Program Studi

Kompas.com - 08/06/2019, 20:55 WIB
Pelantikan Direktur dan Wakil Direktur Politeknik Pekerjaan Umum (PU) di Semarang, Rabu (27/3/2019).Kompas.com/ERWIN HUTAPEA Pelantikan Direktur dan Wakil Direktur Politeknik Pekerjaan Umum (PU) di Semarang, Rabu (27/3/2019).

KOMPAS.com -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih membuka pendaftaran calon mahasiswa baru Politeknik Pekerjaan Umum (PU) di Semarang untuk tahun akademik 2019/2020.

Pendaftaran angkatan pertama ini telah dibuka dari 13 Mei sampai 16 Juni 2019, dan hanya bisa dilakukan secara online melalui situs www.politeknikpu.ac.id.

Ada tiga program studi (prodi) ditawarkan, yaitu Teknologi Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, serta Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Ketiga prodi itu diharapkan mampu mendukung secara langsung ruang lingkup pekerjaan Kementerian PUPR.

Spesialisasi PU

"Tiga prodi itu hal yang biasa, tapi saya ingin di dalamnya ada hal-hal yang luar biasa. Jadi spesialis di bidang ke-PU-an, bisa dibanggakan, jadi acuan dan unggulan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/3/2019).

Baca juga: Full Beasiswa S1 di 6 Universitas BUMN Dibuka, Yuk Cari Info di Sini!

Nantinya politeknik ini akan memberikan sertifikasi profesi level terampil kepada lulusan sehingga kualitas lebih terjamin.

Kampus ini juga akan menggelar on the job training (OJT) dan kerja praktik yang sesuai dengan kondisi di lapangan agar alumninya lebih siap kerja.

"Saya ingin politeknik ini menjadi unggulan tidak hanya di Jawa Tengah, tapi juga di Indonesia. Kita butuh tenaga terampil, tanpa dukungan itu manajemen PUPR tidak akan bisa tangguh," imbuh Basuki.

Menurut keterangan laman resmi Kementerian PUPR, metode pengajaran Politeknik PU yang berlokasi di daerah Tembalang, Semarang, ini akan memberi porsi lebih besar untuk praktik dibanding teori. Hal itu bertujuan supaya lulusan siap pakai.

Kerja sama Undip

Perguruan tinggi ini menyediakan ruang kelas di tiga lantai, di mana gedung pertama berkapasitas 50 orang, terdiri dari 6 ruangan (1 ruangan untuk perpustakaan).

Gedung kedua berkapasitas 25 orang, terdiri dari 12 ruangan (1 ruangan untuk tenaga pengajar atau dosen). Terdapat 6 laboratorium sebagai hasil kerja sama dengan Universitas Diponegoro dan Balitbang Kementerian PUPR.

Keenam laboratorium itu yakni Laboratorium Komputer, Laboratorium Gambar, Laboratorium Mekanika Tanah, Laboratorium Bahan dan Struktur, Laboratorium Hidrolika, dan Laboratorium Bahasa.

Di samping itu, tersedia pula 7 workshop, yaitu Workshop Konstruksi Kayu, Workshop Konstruksi Baja, Workshop Konstruksi Beton, Workshop Ilmu Ukur Tanah, Workshop Pemeriksaan Jalan dan Jembatan, Workshop Metode Konstruksi Jalan dan Jembatan, serta Workshop Konstruksi Utilitas.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X