Pendaftaran SBMPTN Besok, Ini Aturan Resmi LTMPT Soal Pemilihan Prodi

Kompas.com - 09/06/2019, 11:05 WIB
Kemenristekdikti telah menetapkan kebijakan baru terkait SBMPTN 2019 pada konferensi pers di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, 22 Oktober 2018. Dok. KemenristekdiktiKemenristekdikti telah menetapkan kebijakan baru terkait SBMPTN 2019 pada konferensi pers di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta, 22 Oktober 2018.

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN) 2019 akan dimulai tanggal 10 Juni 2019 jam 13.00 WIB dan berakhir pada 24 Juni 2019.

Terkait hal itu, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) Prof. Ravik Karsidi melalui rilis resmi (9/6/2019) mengingatkan, "Sebagaimana telah diatur Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 60 Tahun 2018 kuota setiap Program Studi disediakan untuk calon mahasiswa baru SBMPTN ditetapkan paling sedikit 40 persen dari Daya Tampung Program Studi di PTN."

Prof. Ravik Karsidi juga mengingatkan, sebagai pertimbangan program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2018 dapat dilihat di laman https:// sbmptn. ltmpt.ac.id.

Dikutip dari laman resmi LTMPT, berikut ketentuan resmi kelompok program studi dan jumlah pilihan program studi yang harus diperhatikan Pejuang SBMPTN pada pendaftaran SBMPTN besok (10/6/2019):

Aturan Resmi Pemilihan Prodi SBMPTN 2019

Kelompok program studi dan jumlah pilihan pada SBMPTN 2019 adalah sebagai berikut.

1. Program studi di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum.

Baca juga: Pendaftaran SBMPTN Besok, Ini Panduan Tahapan dan Persyaratan

2. Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi.

3. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.

4. Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.

5. Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X