Kemenristekdikti: 7 Tips Fit dan Aktif Pascalibur Lebaran

Kompas.com - 09/06/2019, 17:56 WIB
Ilustrasi Tiips Sehat Pasca-Lebaran Dok. Instagram KemenristekdiktiIlustrasi Tiips Sehat Pasca-Lebaran

KOMPAS.com - Jatuh sakit atau kurang fit tentu menjadi hal tidak diinginkan pascalibur panjang Lebaran. Terlebih aktivitas sekolah, kuliah dan bekerja umumnya sudah akan dimulai Senin esok (10/6/2019).

Menjaga tubuh tetap sehat dan produktif setelah Lebaran perlu diperhatikan mengantisipasi datangnya penyakit agar tubuh tetap sehat dan produktif pasca-Lebaran.

Terkait hal ini, akun Instagram resmi Kemenristekdikti @ristekdikti memberikan 7 tips untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat setelah menjalani libur Idul Fitri.

Berikut ini tips agar tetap sehat dan produktif untuk mengantisipasi penyakit pasca- lebaran, seperti disampaikan Ari Fahrial Syam dari Fakultas Kedokteran UI:

7 Tips Fit Pascalibur Lebaran

1. Usahakan hanya mengonsumsi 1 macam lauk saja.

2. Jika merasa camilan atau kue lebaran yang dikonsumsi sudah cukup banyak kurangi nasi saat makan besar.

Baca juga: Pakar ITB: Ini Tips Lewati Lebaran Tanpa Takut Gemuk

3. Hindari camilan mengandung coklat, keju dan lemak tinggi. Lemak memiliki kalori 2 kali lebih besar daripada karbohidrat.

4. Minum lebih dari 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas sehari.

5. Banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Usahakan 5 kali penyajian yakni saat makan pagi, siang dan malam dan disel-sela makan tersebut.

6. Tetap melakukan aktivitas olah raga atau bergerak, jika silahturahim dapat dijangkau dengan berjalan lakukan dengan jalan kaki.

7. Usahakan tidur minimal 8 jam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X