Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini “Youtuber” Bisa Kuliah di UPN Veteran Jakarta, Ini Syaratnya

Kompas.com - 14/06/2019, 12:00 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPVNJ) melakukan penerimaan mahasiswa baru melalui beberapa jalur pendaftaran pada tahun ini.

Selain melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019, UPVNJ juga membuka pendaftaran melalui jalur mandiri.

Menurut laman resmi UPNVNJ, Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta (Sema UPNVJ) 2019 terdiri dari dua jalur, yaitu Jalur Akademik berbasis pada nilai Ujian Tertulis Berbasis Kompetensi (UTBK) sebagai kriteria kelulusan, serta Jalur Prestasi yang menggunakan gabungan nilai UTBK dan prestasi akademik atau non-akademik.

Yang menarik, jalur prestasi UNPNVJ memberi kesempatan bagi para Youtube Content Creator alias “Youtuber” untuk bergabung menjadi mahasiswa. Youtuber diperbolehkan mendaftar asalkan memiliki paling sedikit 10.000 subscriber.

Baca juga: Tidak Hanya Nge-Push Rank, Pencinta Games Bisa Kuliah di Jurusan Ini

Selain itu, Jalur Prestasi juga membuka kesempatan kepada calon mahasiswa yang mempunyai prestasi di bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional dalam tiga tahun terakhir.

Calon mahasiswa yang hafiz Al Quran minimal 5 juz dan ketua OSIS paling tidak dalam satu periode juga termasuk dalam pertimbangan melalui Jalur Prestasi.

Adapun pendaftaran Sema UPNVJ 2019 dibuka pada 12 - 21 Juli 2019 dan dilakukan secara online dengan mengakses langsung ke https://pendaftaran.upnvj.ac.id/.

Mengenai ketentuan, tata cara pendaftaran, dan biaya pendidikan, bisa diketahui informasi lengkapnya di https://penmaru.upnvj.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com