Alasan UPN Veteran Jakarta Buka Jalur Prestasi untuk Youtuber dengan 10.000 "Subscribers"

Kompas.com - 14/06/2019, 12:46 WIB
UPN Veteran Jakarta laman resmi UPN Veteran JakartaUPN Veteran Jakarta

KOMPAS.com – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta membuka penerimaan mahasasiswa baru melalui jalur prestasi.

Salah satu prestasi yang bisa memberikan nilai tambah adalah calon mahasiswa yang memiliki akun YouTube dengan jumlah subscribers minimal 10.000.

Calon mahasiswa pemilik akun dengan kriteria itu juga harus merupakan pembuat konten untuk akunnya. Dengan kriteria ini, ada poin kreativitas yang tidak dimiliki semua orang.

Informasi mengenai ini disampaikan melalui Pengumuman Rektor UPN Veteran Jakarta Nomor: 32/UN61/PG/2019 yang dirilis pada Selasa (11/6/2019).

Jalur Prestasi yang menggunakan gabungan nilai UTBK dan Prestasi Akademik/ Nonakademik (prestasi bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni peringkat 1-3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional 3 tahun terakhir, Hafiz Al-Quran minimal 5 juz, ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dan YouTube content creator minimal 10.000 subscriber”

Baca juga: UGM Buka 6.866 Kuota Mahasiswa Baru Lewat Tiga Jalur, Ini Rinciannya

Informasi ini juga viral di media sosial Twitter setelah diunggah oleh sebuah akun @yeahmahasiswa.

Menyesuaikan perkembangan zaman

Saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/6/2019), Humas UPN Veteran Jakarta Dedi Muzaini membenarkan hal tersebut.

“Iya benar, salah satunya untuk content creator YouTube sebagaimana tertulis di pengumuman,” kata Dedi.

Dedi menjelaskan, prestasi ini akan diberi poin khusus yang menambah bobot nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sebelumnya sudah diikuti peserta.

Dedi menyebutkan, pendaftar yang memiliki prestasi nonakademik sebagai seorang pembuat konten YouTube dapat memilih semua jurusan tanpa terkecuali.

“Bisa (jurusan) apa saja, semuanya bisa. Kalau itu (latar belakang pemberlakuan kebijakan) atasan yang lebih tahu. Tapi sekarang kan zamannya milenial, menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” jelas Dedi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X