Cerita Muflih Dwi Fikri, Mahasiswa UNS yang Raih Penghargaan Kompetisi MUN di Paris

Kompas.com - 14/06/2019, 17:30 WIB
Muflih Dwi Fikri, delegasi UNS yang menyabet pengharagaan di kompetisi MUN di Paris, Perancis Dok. Muflih D.FMuflih Dwi Fikri, delegasi UNS yang menyabet pengharagaan di kompetisi MUN di Paris, Perancis

KOMPAS.com - Mahasiswa program studi Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta Muflih Dwi Fikri berhasil menyabet gelar The Most Outstanding Delegates atau setara peringkat kedua dalam kompetisi Paris International Model United Nations (MUN) di Paris, Perancis.

MUN merupakan sebuah kompetisi simulasi diplomasi dan negosiasi sidang Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Kompetisi yang diadakan Parisian University ini diselenggarakan pada 30 Mei-2 Juni 2019, dan mana diikuti oleh kurang lebih 500 peserta dari 34 negara.

Fikri menceritakan, proses persiapan mengikuti kompetisi ini cukup panjang.

“Jadi kalau untuk persiapannya saya mulai sekitar bulan November (2018),” kata Fikri saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/6/2019) sore.

Indonesia mengirimkan 17 mahasiswa dari berbagai universitas selain UNS, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya, dan Institut Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Fikri mengaku, kompetisi ini merupakan kompetisi luar negeri pertama yang diikutinya.

“Saya persiapkan materinya. Materinya cukup banyak. Saya sambil research, tanya ke dosen, kakak tingkat, atau teman dari universitas lain juga ada yang saya tanyain,” ujar dia.

Fikri pernah mengikuti beberapa kompetisi serupa di dalam negeri sejak tahun 2017 seperti Soedirman MUN tahun 2017, Surakarta International MUN tahun 2017, Justicia MUN tahun 2018, Abirama MASEAN tahun 2018, Humaniora MUN tahun 2018, Smala MUN tahun 2019, ITB MUN 2019, SE MUN tahun 2019, Padjajaran MUN tahun 2019. 

Muflih Dwi Fikri, delegasi UNS yang menyabet penghargaan di kompetisi MUN di Paris, PerancisDok. Muflih D.F Muflih Dwi Fikri, delegasi UNS yang menyabet penghargaan di kompetisi MUN di Paris, Perancis

Isu

Fikri mendapatkan role negara United States of America (USA) dalam sidang Social, Culture, dan Humanitarian (SOCHUM), yang membahas spesifik tentang The Minorities Right with Special Emphasis to Uighur Muslim.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X