"Ngeriiih...", Orangtua Mulai Mendaftar PPDB 2019 Depok Jam 5 Pagi

Kompas.com - 17/06/2019, 11:49 WIB
Pengalaman orangtua dalam PPDB 2019 di SMAN 2 Depok Jawa BaratLaman FB/Asep Saefudin Pengalaman orangtua dalam PPDB 2019 di SMAN 2 Depok Jawa Barat

KOMPAS.com - Sambutan orangtua dan siswa mengikuti pendaftaran Penerimaan Siswa Baru (PPDB) 2019 Jawa Barat yang dibuka hari ini (17/6/2019) sangat luar biasa. 

Salah satunya tergambar dari pendaftaran di SMAN 2 Depok di mana orangtua bahkan mulai mendaftar sejak dari pukul 05.00 WIB, meski pendaftaran baru secara resmi pukul 08.00 WIB.

Salah satu orangtua siswa yang berencana mendaftar di SMAN 2 Depok, Asep Saefudin menulis salah satu postingan di lini masa Facebook, "Jam 5.30 pagi nomor antrian masuk SMAN 2 Depok udah sampe 500an, Ngeriiih..."

Antre jam 5 pagi

Dihubungi Kompas.com (17/6/2019)Asep menceritakan dirinya berencana mendaftar untuk putera tercintanya, Arung Mawalmu dari SMP Tugu Ibu Depok sesuai zonasi ke SMAN 2 Depok.

Namun begitu mengetahui pendaftar di SMAN 2 Depok membludak, Asep memutuskan beralih pindah mendaftar ke SMAN 3 Depok. Asep menceritakan sudah datang sejak pukul 5 pagi di SMAN 3 Depok dan sudah mendapat nomor antrian ke-144.

"Padahal masuk SMPN tahun lalu enak. (Bisa) Online," cerita Asep.

Ia menambahkan, SMAN 3 Depok ini merupakan pilihan anaknya selain SMAN 2 dalam sistem zonasi yang telah diberlakukan Dinas Pendidikan Jawa Barat. 

Baca juga: Siswa Jawa Barat, Perhatikan Tips Pendaftaran PPDB 2019 Hari Ini

"Karna daftarnya harus langsung ke sekolah pilihan pertama, sistem zonasi juga. Kalau nilai zonasinya sama, maka urutan masuk ditentukan waktu pendaftaran. Siapa cepat, dia dapat," tambah Asep.

Sukarelawan sekolah

Asep melanjutkan, meski pendaftaran resmi baru dibuka pukul 08.00 WIB ada sukarelawan berinisiatif membuat nomor antrean agar orangtua dan siswa yang sudah menunggu tidak kecewa.

"Proses ambil antrian diurus orangtua siswa. Ada volenteer dadakan. Pendaftaran hari ini dibatasi sampai 200 pendaftar per hari. Yang hari ini dapat antrian di atas 200 (digunakan) untuk daftar besok mas," ujar Asep Saefudin.

Meski harus rela antri sejak jam 5 pagi, Asep memberi apresiasi positif terhadap panitia dan sukarelawan dalam PPDB 2019 di SMAN 3 Depok. "Layanan sekolah baru di tahap verifikasi data. Sejauh ini Ok," ujar Asep.

"Titip" antrian

Lebih jauh Asep memberi masukan agar pihak panitia atau sukarelawan yang membantu PPDB 2019 dapat bersikap tegas, terutama dalam menghadapi "joki" atau orangtua yang titip antrian.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X