PPDB 2019 SMA Depok Diwarnai "Jastip" Nomor Antrean

Kompas.com - 17/06/2019, 19:28 WIB
Pengalaman orangtua dalam PPDB 2019 di SMAN 2 Depok Jawa Barat Laman FB/Asep SaefudinPengalaman orangtua dalam PPDB 2019 di SMAN 2 Depok Jawa Barat

 

KOMPAS.com – Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru (PPDB) 2019 Jawa Barat yang dimulai pada hari ini, Senin (17/6/2019), disambut dengan antusias calon siswa dan juga orangtua. 

Seperti terjadi pada pendaftaran di SMAN 2 Depok, orangtua telah mulai antrean dari pukul 05.00 WIB untuk mendaftarkan anaknya meski pendaftaran baru dibuka secara resmi pada pukul 08.00 WIB.

Dalam unggahan statusnya di media sosial, Asep Saefudin, salah satu orangtua siswa mendapat kabar antrean sudah mencapai nomor 500 pada pukul 05.00 WIB.

Karena alasan itu, ia batal mendaftarkan putranya Arung Mawalmu dari SMP Tugu Ibu Depok ke SMAN 2 dan pindah keSMAN 3 Depok yang masih memiliki zonasi yang sama. Dia mengatakan sudah datang sejak pukul 05.00 WIB di SMAN 3 Depok dan mendapat nomor antrean ke-144.

"Jam 5.30 pagi nomor antrian masuk SMAN 2 Depok udah sampe 500an, Ngeriiih...," ucap Asep dalam akun Facebook-nya, Senin (17/6/2019).

Jasa titip

Salah satu menjadi sorotan yaitu mengenai adanya orangtua jasa menitipkan (jastip) nomor antrean kepada orangtua lain. Dia menyarankan agar pihak panitia atau sukarelawan yang membantu PPDB 2019 dapat bersikap tegas, terutama dalam menghadapi joki tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: PPDB Banyak Orangtua Mendaftar dari Subuh, Ini Penjelasan Disdik Jabar

"Proses ambil nomor antreannya difasilitasi dan diatur lebih baik supaya bisa lebih cepat, aman, dan tertib. (Sebaiknya) satu pengantre, satu pendaftar. Tadi masih ditemui yang nitip daftar antrean. Ada satu pengantre daftar nomor antre (untuk) lebih dari tiga orang," ujar Asep ketika dihubungi Kompas.com.

Dia menambahkan, ada sukarelawan dari orangtua berinisiatif membuat nomor antrean agar orangtua dan siswa yang sudah menunggu tidak kecewa meski pendaftaran resmi baru dibuka pukul 08.00 WIB.

"Proses ambil antrean diurus orang tua siswa. Ada volunteer dadakan. Pendaftaran hari ini dibatasi sampai 200 pendaftar per hari. Yang hari ini dapat antrean di atas 200 (digunakan) untuk daftar besok," imbuh Asep.

Tambah kuota

Sehubungan dengan hal itu, sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dewi Sartika menuturkan bahwa pihaknya telah menambah kuota PPDB 2019 sebanyak 7 persen atau sekitar 18.000 kursi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.