Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadisdik Jabar: Sekolah Harus Berikan Kenyamanan kepada Pendaftar

Kompas.com - 17/06/2019, 19:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika saat meninjau pelaksanaan PPDB di SMAN 8 Bandung, Senin (17/6/2019) menilai pelaksanaan hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 berjalan lancar.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Sejauh ini, dari segi sistem pun masih berjalan bagus. Di sini (SMAN 8 Bandung, red) penyediaan sarana dan prasarana serta pelayanan juga cukup bagus," ujar Kadisdik seperti dilansir dari laman resmi Disdik Jawa Barat.

Terkait membludaknya pendaftar PPDB 2019 di hari pertama, menurut Kepala SMAN 8 Bandung Suryana menilai hal itu merupakan hal yang wajar.

Lakukan rapat evaluasi

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya langsung mengarahkan calon peserta didik dan orang tuayang antre mendaftar untuk masuk ke ruang tunggu dan duduk di kursi yang telah disediakan.

"Kita langsung mengarahkan daripada mereka berdiri dan mengantre lama," ujarnya.

Baca juga: Serentak untuk 3 Jalur, PPDB SMA di Lampung Dimulai Hari Ini

Kadisdik mengungkapkan, setelah menerima laporan dari setiap sekolah mengenai pelaksanaan PPDB hari ini, pihaknya akan langsung mengadakan rapat evaluasi. "Nanti siang akan dilakukan rapat evaluasi," jelasnya.

Kadisdik pun menegaskan, sekolah harus mengoptimalkan pelayanan kepada calon peserta didik dan orang tua, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan. "Sekolah harus memberi kenyamanan kepada para pendaftar," tegasnya.

Tidak perlu tergesa-gesa

Selain itu, Kadisdik mengimbau calon peserta didik dan orang tua agar tidak tergesa-gesa saat melakukan pendaftaran. Karena, kecepatan mendaftar bukan tolok ukur diterimanya siswa dalam proses seleksi.

"Kecepatan pendaftaran akan jadi tolok ukur jika jarak koordinat dan nilai ujian siswa satu dengan yang lainnya sama. Tapi, kemungkinan itu sangat kecil," katanya.

Kepala Sekolah SMAN 8 menambahkan pendaftaran PPDB sampai saat ini berjalan lancar. Antara lain, tidak ada kendala sistem serta pelayanan diberikan pun sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com