Mulai Besok, ITS Buka Pendaftaran Jalur Program Kemitraan dan Mandiri

Kompas.com - 17/06/2019, 20:27 WIB
Tim unggulan mobil prototipe Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Spektronics meluncurkan 2 mobil terbaru berbahan bakar kimia, yakni Spektronics 17 dan Spektronics 18 di gedung Departemen Teknik Kimia ITS, Selasa (19/3/2019). Dok. ITSTim unggulan mobil prototipe Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Spektronics meluncurkan 2 mobil terbaru berbahan bakar kimia, yakni Spektronics 17 dan Spektronics 18 di gedung Departemen Teknik Kimia ITS, Selasa (19/3/2019).

KOMPAS.com – Selain SNMPTN dan SBMPTN, Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) akan membuka satu lagi jalur pendaftaran mahasiswa baru yang diberi nama Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).

Sesuai keterangan di laman resmi, program ini bertujuan menjaring calon mahasiswa berkualitas serta meningkatkan kerja sama dan pemerataan kesempatan.

PKM ITS terdiri dari dua bagian yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri. Program Kemitraan disediakan untuk siswa SMA/MA/SMK sesuai persyaratan ditentukan ITS dan merupakan utusan instansi mitra.

Mitra tersebut berupa perusahaan, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah kota yang memiliki nota kesepahaman dengan ITS.

Sementara itu, Program Mandiri disediakan bagi siswa SMA/MA/SMK dari masyarakat umum yang berminat sesuai persyaratan ditentukan ITS.

Syarat nilai UTBK

Calon peserta yang bisa mengikuti seleksi melalui jalur PKM ITS merupakan lulusan SMA/MA/SMK sejenis tahun 2017, 2018, dan 2019.

Baca juga: ITS dan Grab Resmikan Smart Shelter Kreasi Mahasiswa

Seleksi ini tidak memerlukan ujian tulis, tetapi berdasarkan nilai atau skor diperoleh dalam Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) 2019 di kelompok Saintek atau Soshum, nilai rapor, dan prestasi lainnya.

Secara khusus, peminat untuk Program Studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior pada Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan (FADP) diharuskan mengunggah portofolio.

Maka dari itu, calon peserta wajib memiliki nilai UTBK 2019 dengan mengikuti kelompok ujian Saintek atau Soshum. Mengenai daya tampung, jalur PKM ITS tahun ini menyediakan kuota untuk 1.261 mahasiswa untuk dua kelompok ujian tersebut.

Jadwal pendaftaran

Calon peserta berminat mendaftar PKM ITS wajib mengikuti jadwal kegiatannya sebagai berikut:

1. Pendaftaran: 18 Juni - 12 Juli 2019

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X