Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Besok, ITS Buka Pendaftaran Jalur Program Kemitraan dan Mandiri

Kompas.com - 17/06/2019, 20:27 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Selain SNMPTN dan SBMPTN, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan membuka satu lagi jalur pendaftaran mahasiswa baru yang diberi nama Program Kemitraan dan Mandiri (PKM).

Sesuai keterangan di laman resmi, program ini bertujuan menjaring calon mahasiswa berkualitas serta meningkatkan kerja sama dan pemerataan kesempatan.

PKM ITS terdiri dari dua bagian yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri. Program Kemitraan disediakan untuk siswa SMA/MA/SMK sesuai persyaratan ditentukan ITS dan merupakan utusan instansi mitra.

Mitra tersebut berupa perusahaan, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan pemerintah kota yang memiliki nota kesepahaman dengan ITS.

Sementara itu, Program Mandiri disediakan bagi siswa SMA/MA/SMK dari masyarakat umum yang berminat sesuai persyaratan ditentukan ITS.

Syarat nilai UTBK

Calon peserta yang bisa mengikuti seleksi melalui jalur PKM ITS merupakan lulusan SMA/MA/SMK sejenis tahun 2017, 2018, dan 2019.

Baca juga: ITS dan Grab Resmikan Smart Shelter Kreasi Mahasiswa

 

Seleksi ini tidak memerlukan ujian tulis, tetapi berdasarkan nilai atau skor diperoleh dalam Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) 2019 di kelompok Saintek atau Soshum, nilai rapor, dan prestasi lainnya.

Secara khusus, peminat untuk Program Studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior pada Fakultas Arsitektur, Desain, dan Perencanaan (FADP) diharuskan mengunggah portofolio.

Maka dari itu, calon peserta wajib memiliki nilai UTBK 2019 dengan mengikuti kelompok ujian Saintek atau Soshum. Mengenai daya tampung, jalur PKM ITS tahun ini menyediakan kuota untuk 1.261 mahasiswa untuk dua kelompok ujian tersebut.

Jadwal pendaftaran

Calon peserta berminat mendaftar PKM ITS wajib mengikuti jadwal kegiatannya sebagai berikut:

1. Pendaftaran: 18 Juni - 12 Juli 2019

2. Pengumuman kelulusan: 18 Juli 2019

3. Pendaftaran ulang: 23 - 25 Juli 2019

Nantinya pengumuman hasil seleksi jalur PKM ITS akan dipublikasikan pada 18 Juli 2019 di Kampus ITS Sukolilo, Surabaya, dan melalui laman resmi Seleksi Masuk ITS.

Selanjutnya, pendaftaran ulang bagi peserta dinyatakan lulus harus dilakukan pada 23 - 25 Juli 2019 di Sekretariat Biro Administrasi Pembelajaran dan Kesejahteraan Mahasiswa (BAPKM) ITS.

Calon peserta yang berminat mengetahui informasi lain tentang mekanisme, syarat dan ketentuan pendaftaran, tata cara, serta biaya pendidikan, silakan mendapatkan informasinya dengan mengakses langsung ke http://smits.its.ac.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com