Sulsel Buka PPDB Jalur Prestasi untuk Penghafal Al Quran, Ini Ketentuannya

Kompas.com - 19/06/2019, 17:22 WIB
Ilustrasi PPDB RONY ARIYANTO NUGROHOIlustrasi PPDB

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menyelenggarakan pendaftaran penerimaan peserta didik baru ( PPDB) dengan jalur prestasi untuk penghafal Al Quran atau hafidz mulai hari ini, Senin (17/6/2019).

Calon siswa dapat ikut program ini jika hafal Al Quran paling tidak 10 juz. Apabila terpenuhi, maka pendaftar boleh memilih SMA atau SMK negeri mana pun.

"Tahun ini kami memberlakukan PPDB melalui jalur prestasi, minimal 10 juz. Untuk pengujinya guru agama di sekolah dan keterangan dari guru agama sekolah asal," ujar Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo saat dihubungi Kompas.com pada Rabu (19/6/2019).

Menurut Irman, pihaknya membuka jalur prestasi penghafal Al Quran, karena kegiatan ini merupakan kelebihan non-akademik yang bisa bermanfaat bagi lingkungan sekolah dan pembentukan karakter siswa.

Baca juga: Ketentuan Sistem Zonasi Penerimaan Murid Baru yang Perlu Diketahui

Selain itu, Irman melanjutkan, kegiatan menghafal Al Quran juga telah diterapkan di SMA dan SMK di Sulsel lewat program literasi kitab suci.

"Program literasi kitab suci yakni membaca kitab suci masing-masing agama secara bersamaan pada tiap Jumat," ujar Irman.

Pendaftaran dan verifikasi data PPDB jalur prestasi penghafal Al Quran ini dibuka pada 17-21 Juni 2019. Irman mengungkapkan, peserta bisa mendaftarkan diri melalui situs ppdbsulsel.epanrita.net.

"Pilih sekolah SMA atau SMK negeri, pilih jalur prestasi, pilih penghafal Al Quran," ujar Irman.

Pengumuman untuk peserta yang lolos seleksi dilaksanakan pada 22 Juni 2019 dan selanjutnya diminta untuk daftar ulang tanggal 24-26 Juni 2019.

Tak hanya itu, Dinas Pendidikan Sulsel juga memberlakukan jalur zonasi atau afirmasi, yang dibuka pendaftaran dan verifikasi data mulai tanggal 24-28 Juni 2019.

Untuk jadwal pengumuman jalur zonasi pada tanggal 29 Juni 2019 dan jadwal daftar ulang pada 1-3 Juli 2019.

Selain itu, ada proses seleksi tahap dua atau pemenuhan kuota yang aka dibuka pada 1-9 Juli 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X