Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Tahun Jalin Hubungan dengan Indonesia, AS Tawarkan Beasiswa Khusus

Kompas.com - 19/06/2019, 22:06 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) melalui Kedutaan Besar AS di Indonesia menyelenggarakan program beasiswa untuk jenjang master (S-2) bagi para pekerja profesional dan orang-orang yang ingin melanjutkan studinya di AS.

Program ini diberikan dalam rangkaian perayaan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan AS serta pelaksanaan program beasiswa Hubert H Humphrey yang sudah berlangsung 40 tahun.

“Untuk merayakan 70 tahun Indonesia-Amerika Serikat, kami memberi beasiswa khusus yang mendanai kuliah tingkat S-2 dan sertifikasi satu tahun di beberapa bidang,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Pendidikan dan Kebudayaan AS Marie Royce dalam acara peringatan 70 tahun hubungan Indonesia-AS, Selasa (18/6/2019) di Jakarta.

4 bidang beasiswa

Keempat bidang beasiswa itu adalah: (1) Business Administration, (2) Tourism and Hospitality, (3) Early Child Education, serta (4) Information and Technology.

Baca juga: Dukung Pemerataan Pendidikan, BRI Gelar Beasiswa Indonesia Cerdas

Dia mengatakan, Indonesia merupakan salah satu dari 20 negara di Indo-Pasifik yang selama ini mengirimkan para pelajar untuk belajar selama 10 bulan di AS melalui program Hubert H Humphrey.

Marie menyampaikan rasa terima kasih atas hubungan terjalin selama puluhan tahun itu dan mengungkapkan dalam 40 tahun ini telah begitu banyak pelajar dan pemimpin dari Indonesia belajar di AS, yaitu lebih kurang 9.000 orang.

“Keberadaan mereka di sana menambah banyak keberagaman yang bisa dibagikan di kelas dan memberi arti tersendiri bagi pelajar di Amerika,” imbuh Marie.

Dia pun menuturkan, saat ini 4.700 universitas dan community college tersedia di AS dalam berbagai bidang studi. Selain itu, ada pula penasihat atau konsultan yang memberi masukan tentang dunia pendidikan di sana.

Belajar, bekerja, bermimpi bersama

Logo peringatan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Logo peringatan 70 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr menuturkan,
perayaan 70 tahun ini merupakan wujud hubungan antara masyarakat Indonesia dan Amerika yang saling belajar, bekerja, dan mimpi bersama-sama.

“Kami fokus pada pertukaran bilateral yang sudah dibina sebagai bagian penting dari hubungan selama ini dan akan terus ditingkatkan,” tambah Donovan.

Mengenai program beasiswa khusus yang diberikan itu, dia mengungkapkan, keempat bidang tersebut sesuai pembahasan dan masukan yang diberikan para kolega di Indonesia dan selama ini juga sudah dilakukan.

Dalam rangkaian peringatan tersebut juga digelar konferensi bertema “Indo-Pacific Pathways to Cooperation” pada 17-19 Juni 2019 di Jakarta. Konferensi itu dihadiri alumni program beasiswa Hubert H Humphrey dari berbagai negara di kawasan Indo-Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com