Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuhkan Wirausaha, Highscope Gelar “Business Day” Ramah Lingkungan

Kompas.com - 19/06/2019, 22:20 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah HighScope Indonesia (SHI) menyelenggarakan acara Business Day setiap tahun melibatkan semua siswa. Kegiatan ini digelar untuk menumbuhkan jiwa dan nilai-nilai wirausaha sehingga mereka memiliki kemampuan dan pola pikir tersebut sejak dini.

Business Day tahun ini mengambil tema "Sustainability: a Maker Culture”. Tema ini dipilih agar siswa mampu memanfaatkan barang-barang bekas atau sampah di sekitar menjadi benda lebih berguna dan bernilai komersial.

Para siswa diwajibkan membuat produk dari hasil karya mereka sendiri menggunakan bahan-bahan daur ulang, kemudian menjualnya kembali. Produk itu ada yang berupa recycle dan upcycle.

Maksud dari recycle yaitu mendaur ulang barang-barang bekas atau sampah yang sudah tidak terpakai, sedangkan upcycle yakni memanfaatkan dan mengubah benda-benda tersebut menjadi lebih bermanfaat.

Konsep bisnis berkelanjutan

“Esensi dari Business Day adalah untuk membangun jiwa kewirausahaan. Tujuannya agar anak-anak menjadi orang yang membuat produk, bukan hanya membeli, serta bisa menghasilkan, bukan hanya konsumtif,” jelas Elementary and Middle School Vice Principal Sekolah Highscope Indonesia TB Simatupang Iko Septo Nugroho saat ditemui Kompas.com di kantornya, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Baca juga: Kisah Toleransi Murid-murid SD Kristen yang Jadi Tuan Rumah Buka Puasa Siswa Madrasah

Dia mengatakan, pengalaman dijalani anak-anak saat ini menjadi bekal kehidupan pada masa mendatang. Mereka memiliki pengetahuan bahwa profesi itu tidak hanya sebagai karyawan, tetapi ada juga pengusaha yang bisa menciptakan peluang kerja.

Proses itu bisa dimulai dari mencari ide memanfaatkan barang bekas, mengolah dan mengubahnya, lalu membuat proposal bisnis mengenai barang yang akan dijual.

“Sekolah jadi laboratorium. Ada proposal bisnis yang dibuat, simpel sekali, mulai dari apa yang mau dijual, mereka buat sendiri. Mereka buat barang itu karena sudah tanya ke teman-teman dan orang tua sendiri. Jadi mereka survei sederhana,” kata Iko.

Dia pun menuturkan bahwa setiap perhelatan Business Day mempunyai fokus masing-masing. Adapun fokus pada tahun ini yaitu tentang sustainability atau berkelanjutan.

Maksudnya untuk membangun kesadaran dan tanggung jawab sedari awal tentang konsep berkelanjutan, misalnya tidak memakai barang terbuat dari plastik, melakukan recycle dan upcycle baik melalui buatan tangan sendiri maupun bantuan teknologi mesin.

“Ada beberapa keyword yang disampaikan. Tema besarnya sustainability, yaitu no single use of plastic, serta upcycle and recycle product. Aktivitas ini malah lebih mungkin dilakukan oleh anak-anak, misalnya botol yang dipotong lalu dihias jadi tempat pensil,” jelasnya.

Tumbuhkan sadar lingkungan

Sejumlah barang daur ulang yang dijual pada Business Day 2019 Sekolah HighScope Indonesia bertema Sustainability: a Maker Culture.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Sejumlah barang daur ulang yang dijual pada Business Day 2019 Sekolah HighScope Indonesia bertema Sustainability: a Maker Culture.

Sementara itu, Elementary and Middle School Principal Sekolah Highscope Indonesia TB Simatupang Hani Amalia menuturkan, tema sustainability ini berhubungan dengan Earth Day yang dperingati setiap tanggal 22 April.

Dari situlah siswa melihat apa yang sedang terjadi di dunia bahwa sekarang ini kegiatan ekonomi sudah beralih ke produk-produk yang berkelanjutan dan ramah llingkungan.

“Pelaku industri sudah lihat ke arah sana. Bagaimana membuat produk yang ramah lingkungan, itu yang diangkat dan dikaitkan dengan yang kami punya sebaga maker culture. Jadi budaya produksi dikaitkan dengan menjaga lingkungan,” ujar Hani.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com