Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dies Natalis Ke-55, UNY Luncurkan Mobil Listrik "Garuda"

Kompas.com - 25/06/2019, 08:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa meluncurkan Mobil Listrik "Garuda UNY" karya inovatif Mahasiswa Fakultas Teknik UNY dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ke- 55 (21/6/2019).

Rektor UNY menyampaikan harapannya peluncuran Mobil Listrik "Garuda UNY"  dapat mendorong UNY agar semakin berkembang dan menjadi universitas bertaraf internasional.

"Saya berharap inovasi yang sudah dihasilkan ini dapat mendorong UNY semakin berkembang dan menjadi world class university sebagai upaya untuk ikut mengembangkan pembangunan pendidikan di Indonesia," tutur Sutrisna seperti dilansir dari rilis resmi Kemenristekdikti

Target produksi massal

Menristekdikti menargetkan tahun 2025 Indonesia sudah bisa memproduksi massal kendaraan listrik ramah lingkungan dengan berkolaborasi bersama industri agar bisa dikomersialisasikan.

Baca juga: Menristekdikti di Komisi X: 4 Hal Ini Jadi Daya Ungkit Penguatan SDM

 

Hal ini disampaikan Menristekdikti saat sambutan pada dies natalis UNY pada Jumat. "Saat ini inovasi dibidang kendaraan listrik harus terus ditingkatkan, saya berharap pada tahun 2025 nanti kita sudah mampu memproduksi secara massal," ungkap Nasir.

Menteri Nasir mengapresiasi UNY terhadap capaiannya yang luar biasa dalam meningkatkan inovasi di bidang kendaraan listrik dan berharap UNY ke depan menjadi World Class University.

Jangan sebatas inovasi

Namun Menteri Nasir berpesan agar inovasi yang sudah dihasilkan jangan sampai hanya sebatas inovasi saja, namun inovasi tersebut harus dapat dikomersialisasikan.

Kemenristekdikti telah menganggarkan Rp 100 miliar setiap tahun untuk mendorong riset di bidang kendaraan listrik hemat energi dan menciptakan kendaraan bebas polusi dengan menggandeng industri untuk mengembangkan suku cadang kendaraan listrik tersebut.

Bersamaan peluncuran Mobil Listrik Garuda UNY karya inovatif mahasiswa Fakultas Teknik UNY ini ditampilkan juga Mobil Hemat Energi peraih rekor Asia dengan hitungan 1 liter BBM dapat menempuh 283km serta Pagelaran Wayang Kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com