Kompas.com - 29/06/2019, 12:08 WIB
Ilustrasi Beasiswa Perintis Dok. Instagram Beasiswa PerintisIlustrasi Beasiswa Perintis

KOMPAS.com – Bagi calon mahasiswa yang berniat masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB) dan mendapatkan pendampingan untuk memperoleh beasiswa Bidikmisi, tidak ada salahnya mencoba mendaftar ke Beasiswa Perintis 2019.

Program ini terbuka bagi pelajar kelas XII SMA/SMK/sederajat di wilayah Jawa Barat. Beberapa keuntungan yang bisa diperoleh yaitu mendapatkan biaya akomodasi selama berada di Bandung, berupa registrasi, daftar ulang, dan lain-lain.

Peserta juga akan didampingi sampai mendapatkan beasiswa Bidikmisi atau lainnya, mengikuti "Workshop Future Life Plan" dari konsultan perguruan tinggi, top up beasiswa Bidikmisi sebesar Rp 500.000 per bulan dan pembinaan bagi yang lolos seleksi.

Persyaratan

1. Siswa kelas XII SMA/SMK/sederajat (atau alumni yang masih bisa mengikuti SBMPTN/SM-ITB tahun 2019) di wilayah Jawa Barat.

2. Beragama Islam.

Baca juga: Tawaran Beasiswa S1 Australia dari University of Melbourne

3. Terdaftar sebagai calon penerima Bidikmisi (dibuktikan dengan kartu peserta Bidikmisi) atau tidak terdaftar, tetapi berpotensi diterima Bidikmisi.

4. Sudah mempunyai nilai UTBK.

4. Berkomitmen mengikuti proses SBMPTN sampai selesai (proses pendaftaran dilakukan secara mandiri)

Persyaratan Bidikmisi

1. Berusia maksimum 21 tahun (saat mendaftar).

2. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:

  • Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau
  • Pendapatan kotor gabungan orangtua / wali (suami istri) maksimal Rp 4 juta per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua / wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000 setiap bulan.

3. Pendidikan orangtua/wali setinggi-tingginya S-1 atau D-4.

Cara mendaftar

Peserta mengisi formulir pendaftaran secara online dengan mengakses langsung ke bit.ly/daftarperintis2019. Adapun batas waktu pendaftaran sampai 11 Juli 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.