Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vokasi UI Buka 2 "Prodi Kekinian" Baru, Apa Saja?

Kompas.com - 02/07/2019, 22:45 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) membuka dua program studi (prodi) baru yaitu Prodi Periklanan Kreatif dan Prodi Penyiaran Multimedia.

Para lulusan SMA/SMK/Sederajat dapat memilih kedua prodi tersebut melalui jalur penerimaan SIMAK UI 2019. Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.penerimaan.ui.ac.id yang telah dibuka sejak 10 Juni 2019 yang lalu hingga 10 Juli 2019.

Prodi Periklanan Kreatif berfokus untuk mendidik mahasiswa menjadi profesional kreatif yang terampil, mampu menciptakan dan mengeksekusi iklan multimedia serta mampu mempertanggungjawabkannya dengan kinerja keuangan yang terukur.

Lulusan prodi ini akan terampil pada bidang perencanaan usaha (account planning), terampil dalam bidang kreatif dan media (creative and media), dan terampil pada bidang pengukuran kinerja program periklanan. Vokasi UI membekali mahasiswa agar dapat menjadi tenaga kerja hybrid yang sangat ideal dan mumpuni di industri periklanan dalam dan luar negeri.

Kemampuan profesional

Sedangkan, Prodi Penyiaran Multimedia merupakan jurusan yang berfokus pada pembekalan kemampuan perencanaan dan pelaksanaan produksi hingga pasca produksi dalam sebuah karya penyiaran dan multimedia baik itu untuk konten televisi, radio, social media dan multimedia lainnya sesuai dengan kaidah etika profesi.

Baca juga: Pertanyaan dan Nasihat Sri Mulyani untuk Mahasiswa UI Saat Uji Skripsi

Lulusan Prodi ini memiliki pelung karir luas di dunia penyiaran seperti penulis naskah(script writer), asisten produser, produser, reporter, camera person, switcher, editor, multimedia officer, koordinator peliputan dan lain sebagainya. Prodi penyiaran multimedia telah memiliki 2 Laboratorium yaitu Studio TV Vokasi UI dan Studio Vocast Radio.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Prof. Sigit Pranowo Hadiwardoyo menuturkan, “Penambahan prodi baru merupakan upaya Vokasi UI untuk menjawab kebutuhan industri akan lulusan yang memiliki skill profesional."

"Kurikulum Vokasi UI juga telah dikembangkan dengan mengaplikasikan teknologi terapan serta melakukan terobosan kurikulum yang tepat guna dan skill based competency. Kedua Prodi ini merupakan pengembangan dari peminatan menjadi program studi. Pengembangan dimaksudkan agar lulusan lebih fokus pengetahuan dan keterampilannya,” tambahnya.

Lulusan D3 siap kerja

Saat Vokasi UI menyelenggarakan pendidikan tinggi jenjang diploma tiga dengan gelar ahli madya dan ditempuh dalam waktu 3 tahun. Saat ini, Vokasi UI memiliki 13 prodi yang terbagi menjadi Bidang Studi Administrasi dan Bisnis, Bidang Sosial Humaniora, dan Bidang Studi Kesehatan.

Kurikulum Vokasi UI menitikberatkan praktikum sehingga ditargetkan mampu menghasilkan lulusan siap kerja. Kurikulum tersebut dinamakan "Kurikulum 321" dimana mahasiswa selama 3 semester belajar di kelas dan laboratorium, 2 semester belajar di industri dan 1 semester magang sehingga saat lulus mereka sudah benar-benar kompeten di bidangnya.

Lulusan Vokasi UI juga lulus uji kompetensi sehingga tidak hanya memperoleh ijazah tetapi juga sertifikat kompetensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com