Terfavorit Selama 4 Tahun Berturut-turut, seperti Ini Penilaian Ujian PKN STAN

Kompas.com - 04/07/2019, 18:25 WIB
Suasana ujian PKN STAN 2019, DOK. PRIBADI/PKN STANSuasana ujian PKN STAN 2019,

KOMPAS.com - Ujian tertulis penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN masih berlangsung hingga 13 Juli 2019.

Ujian yang menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) ini berlangsung selama 150 menit dengan tiga jenis subtes yang diujikan yaitu tes potensi akademik (TPA), tes bahasa inggris, dan seleki kompetensi dasar (SKD).

Kepala Subbagian Administrasi Kerja Sama dan Kehumasan PKN STAN Inwan Hadiansyah mengatakan, masing-masing tes tersebut mempunyai nilai ambang batas dan sistem penilaian tertentu.

Peserta yang tak lolos ambang batas dinyatakan gugur. Namun, peserta yang memenuhi ambang batas tak serta merta dinyatakan lolos.

"Karena mereka masih harus melalui perangkingan nilai CAT nasional, dan selanjutnya mereka (peserta) masih harus melalui tahapan ujian psikotes serta ujian kesehatan dan kebugaran," kata Inwan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2019) sore.

Baca juga: STAN Siap Terima 3.000 Mahasiswa! Cus Ini Persyaratan & Kuotanya

Ambang batas dan penilaian

Berikut rincian penilain dan nilai ambang batas yang digunakan pada proses penerimaan mahasiswa baru PKN STAN 2019:

  • SKD

Ujian SKD  terdiri dari ujian wawasan kebangsaan, ujian intelegensi umum, dan ujian karakteristik pribadi yang berlangsung selama 90 menit.

Soal yang diujikan sebanyak 100 dengan rincian 35 soal wawasan kebangsaan, 30 soal intelegensia umum, dan 35 soal karakteristik pribadi.

Ujian wawasan kebangsaan dan intelegensia umum menggunakan sistem penilaian yang sama, dengan nilai 5 untuk jawaban benar dan nilai 0 untuk jawaban salah serta soal tidak dijawab.

Nilai ambang batas ujian wawasan kebangsaan sebesar 75, ujian intelegensia umum sebesar 80, dan ujian karakteristik pribadi sebesar 143.

Baca juga: Jadwal dan Lokasi Ujian PKN STAN 2019 Diumumkan, Perhatikan Tips Ini

  • Ujian Potensi Akademik

Peserta diberi waktu selama 40 menit untuk mengerjakan 45 soal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X