Kompas.com - 04/07/2019, 19:40 WIB
Naskah kuno berisi ajaran Islam koleksi Museum Sonobudoyo. Teks itu unik karena disertai ilustrasi sementara seni rupa saat itu masih sangat tabu dalam islam. Monika NovenaNaskah kuno berisi ajaran Islam koleksi Museum Sonobudoyo. Teks itu unik karena disertai ilustrasi sementara seni rupa saat itu masih sangat tabu dalam islam.

KOMPAS.com - Iluminasi merupakan salah satu istilah teknis dalam ilmu pernaskahan, yang mengacu pada gambar-gambar penghias naskah.

Biasanya, iluminasi tampil pada halaman depan naskah. Pada naskah kuno, iluminasi atau gambar dibuat untuk menghias naskah agar memiliki daya tarik.

Dahulu, ilunimasi digunakan dalam bentuk penyepuhan emas pada beberapa halaman naskah kuno Nusantara. Emas tersebut ditempa menjadi lempengan yang sangat tipis.

"Nah, itu bisa dipakai untuk menghias. Kemudian bisa juga dibentuk menjadi taburan emas," ujar Peneliti Madya Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Mu’jiza, saat  diskusi dengan tema “Iluminasi dalam Naskah-naskah Nusantara” di ruang teater mini Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Baca juga: Pertama Kalinya Naskah Kuno Keraton Yogyakarta Dipamerkan ke Publik

Menurut dia, iluminasi berupa taburan emas itu menandai status sosial yang tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, naskah pada zaman itu bisa dijadikan sebagai hadiah untuk diplomasi antara pejabat di kalangan atas.

Selain sebagai hadiah, iluminasi memiliki lima fungsi lain, yakni memperindah naskah, memperjelas teks, mengungkap sejarah naskah, mengungkap sejarah seni lukis, dan keberagaman motif atau gambar beserta maknanya.

Lebih lanjut, ahli pernaskahan Melayu itu menjelaskan, gambar yang menjadi hiasan naskah terdiri dari empat hal yakni iluminasi, ilustrasi, rubrikasi, dan inisial.

Suasana acara Diskusi Naskah Nusantara dengan tema Iluminasi dalam Naskah-naskah Nusantara? di Ruang Teater Mini Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (4/7/2019).Perpustakaan Nasional / Ranny Kusumawardani Suasana acara Diskusi Naskah Nusantara dengan tema Iluminasi dalam Naskah-naskah Nusantara? di Ruang Teater Mini Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (4/7/2019).
“Biasanya teks dibuat lebih dulu oleh pengarang atau penyalin. Kemudian iluminasi dibuat oleh illuminator dalam bentuk sketsa lalu diberi warna,” kata Mu'jiza dalam pernyataan tertulis, Kamis (4/7/2019).

Di Indonesia sendiri, iluminasi ditemukan dalam berbagai naskah yang tersebar di beberapa daerah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.