Kompas.com - 10/07/2019, 09:07 WIB
Signboard Universitas Indonesia Shutterstock.comSignboard Universitas Indonesia

KOMPAS.com – Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2019/2020, Universitas Indonesia (UI) menerima 2.291 mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Lebih dari 2.000 mahasiswa ini lolos setelah mengalahkan ribuan pendaftar lainnya yang juga memilih UI sebagai universitas tujuan mereka pada SBMPTN 2019.

Tercatat, ada 30.145 peserta SBMPTN. Sebanyak 2.712 di antaranya peserta Bidik Misi yang memperebutkan bangku kuliah di  berbagai jurusan yang tersedia di kampus dengan almamater “Jaket Kuning” itu.

Baca juga: BNI UI Half Marathon 2019, Himpun Dana Untuk Bantu Mahasiswa Tetap Kuliah

Rinciannya, 13.458 peserta mendaftar pada bidang saintek dengan pendaftar tertinggi ada di Prodi Pendidikan Dokter.

Sementara, sebanyak 16.687 peserta mendaftar pada bidang Soshum dengan prodi Ilmu Hukum sebagai favoritnya.

Untuk pengumuman SBMPTN di UI sudah dapat diakses sejak Selasa (9/7/2019) di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau di http://sbmptn.ui.ac.id.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahapan calon mahasiswa baru UI

Bagi semua peserta yang dinyatakan lolos dalam seleksi SBMPTN menjadi salah satu calon mahasiswa UI, maka harus melakukan tahapan-tahapan tertentu agar resmi menjadi seorang mahasiswa baru di Kampus Perjuangan.

Tahapan-tahapan itu sebagai berikut:

  • Konfirmasi Pemilihan Kelas Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran

Calon mahasiswa baru Universitas Indonesia tahun ajaran 2019/2020 wajib melakukan konfirmasi Pemilihan Kelas Permohonan Mekanisme Pengajuan Pembayaran secara online pada laman penerimaan.ui.ac.id paling lambat pada Jumat, 12 Juli 2019 pukul 23.59 WIB.

Perhatikan semua informasi yang disampaikan, kemudian isi semua formulir yang disiapkan hingga mendapat jadwal pemeriksaan keseharan di tautan http://pra-registrasi.ui.ac.id.

Baca juga: Vokasi UI Buka 2 Prodi Kekinian Baru, Apa Saja?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X