5 Pertanyaan Anak Seputar Hari Pertama Sekolah, Ini Jawaban Orangtua

Kompas.com - 15/07/2019, 15:49 WIB
Siswa kelas 1 menjalani hari pertama sekolah di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti berisi, antara lain, tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Salah satu hal yang ditekankan ialah kewajiban orangtua mengantar anak ke sekolah pada hari pertama tahun ajaran baru.
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGSiswa kelas 1 menjalani hari pertama sekolah di SDN 01 Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/7/2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti berisi, antara lain, tentang keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Salah satu hal yang ditekankan ialah kewajiban orangtua mengantar anak ke sekolah pada hari pertama tahun ajaran baru.

 

KOMPAS.com - Tidak terasa liburan panjang sekolah sudah berakhir dan Senin ini (15/7/2019) merupakan hari pertama masuk sekolah.

Bagi siswa sekolah dasar (SD), mereka tentu telah menanti-nantikan hari pertama masuk sekolah karena membayangkan akan mengenakan seragam baru, sepatu baru, dan perlengkapan sekolah baru, dan kejadian yang akan dialami ketika berada di lingkungan sekolah.

Orangtua pun perlu mempersiapkan diri agar anak percaya diri masuk ke lingkungan mereka yang baru. Pastinya ada banyak pertanyaan yang ada dalam pikiran mereka.

Seperti dipublikasikan di laman resmi Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud, berikut ini beberapa pertanyaan mengenai sekolah yang bisa jadi muncul dari anak-anak:

5 pertanyaan anak seputar sekolah

1. Mengapa harus sekolah?

Jawaban: Sebab, dengan bersekolah kita diajarkan banyak hal. Selain pengetahuan, kita juga diajarkan cara bersosialisasi.

Baca juga: Hari Pertama Masuk Sekolah, Orangtua Antar Anak demi Dapatkan Bangku Paling Depan

2. Siapa saja yang bisa dijumpai di sekolah?

Jawaban: Yang ada di sekolah adalah guru, kepala sekolah, teman-teman, dan warga sekolah lainnya.

3. Apa saja yang dilakukan ketika berada di sekolah?

Jawaban: Ketika kita masuk di kelas satu sekolah dasar, kita akan belajar membaca, menulis, berhitung sambil bermain bersama guru. Guru adalah orang tua kedua, guru bukanlah sosok yang menakutkan, guru adalah seorang yang harus kita hormati layaknya orang tua kita sendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X