Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerhana Bulan Terakhir 2019 Bisa Dilihat Malam Ini, Ayo Lihat Langit!

Kompas.com - 16/07/2019, 18:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Akun Instagram Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) @ristekdikti merilis informasi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terkait Gerhana Bulan Parsial yang akan terjadi malam ini (17/7/2019 tengah malam).

Dalam informasi LAPAN tersebut disampaikan Gerhana Bulan Parsial atau yang sering disebut Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi pada tanggal 17 Juli 2019 dan dapat diamati di seluruh Indonesia.

Pada puncaknya, 65 persen piringan Bulan masuk ke bayang-bayang umbra Bumi dan tampak merah padam dan sisanya akan berwarna putih seperti biasa.

Gerhana Bulan Parsial dapat diamati mulai pukul 01.43 WIB, lalu bulan akan memasuki bayangan umbra Bumi pada 03.01 WIB dan mencapai puncak gerhana pada 04.30 WIB dan selesai pada 05.59 WIB.

Baca juga: Membangun Kekuatan Indonesia dari Dunia lewat Diaspora

Dilansir dari akun resmi Instagram LAPAN @lapan_ri, Gerhana Bulan Parsial lebih jelas terlihat di Indonesia bagian barat, tetapi untuk Indonesia bagian timur juga dapat menikmati fenomena ini hanya saja akan terganggu matahari terbit.

Lembaga yang berada di bawah koordinasi Kemenristekdikti ini menyampaikan peristiwa Gerhana Bulan Parsial ini bisa dilihat dengan mata telanjang, namun disarankan pengamatan dengan menggunakan teleskop akan lebih baik karena Bulan akan lebih jelas terlihat.

Total durasi gerhana diperkirakan akan mencapai 5 jam 34 menit. Sementara durasi gerhana parsial berkisar 2 jam 58 menit.

Dari laman yang sama disampaikan, Gerhana Bulan Parsial ini akan menjadi gerhana bulan terakhir tahun 2019. Gerhana bulan berikutnya baru akan terjadi pada 10 Januari 2020, diikuti oleh tiga fenomena langit lainnya di tahun yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com