4 Cara Mudah Mengetahui Akreditasi Kampus atau Prodi Pilihan

Kompas.com - 17/07/2019, 07:31 WIB
Akun resmi Instagram Kemenristekdikti @ristekdikti DOK. RISTEKDIKTIAkun resmi Instagram Kemenristekdikti @ristekdikti

KOMPAS.com - Pertumbuhan Perguruan Tinggi di Indonesia sangat pesat. Ada banyak sekali Perguruan Tinggi yang dibuka setiap tahun.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyebutkan saat sekarang terdapat 4.713 perguruan tinggi yang terdistribusi dalam berbagai bentuk universitas, akademi dan politeknik dengan tidak kurang 28 ribu program studi.

Masalahnya, ada perguruan tinggi yang belum atau tidak terakreditasi oleh BAN-PT.

Akreditasi merupakan proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Baca juga: Kemenag Akreditasi 184 Satuan Pendidikan Kesetaraan Pesantren

Berdasarkan akun resmi Instagram Kemenristekdikti @ristekdikti berikut 4 langkah mudah mengetahui status akreditasi kampus dan juga program studi ( prodi):

1. Kunjungi laman resmi BAN-PT

Laman resmi BAN-PTDOK. BAN-PT Laman resmi BAN-PT

Kunjungi laman resmi BAN-PT di: banpt.or.id

2. Cek akreditasi instutusi/prodi

Laman BAN-PTDOK. BAN-PT Laman BAN-PT

Lalu scroll ke bawah dan pilih yang ingin kita cek, jika ingin melihat akreditasi universitas atau kampus pilih "institusi". Sebaliknya jika ingin melihat akreditasi prodi pilih "program studi" seperti tampak dalam gambar.

3. Pencarian insitusi/kampus

Laman resmi BAN-PTDOK. BAN-PT Laman resmi BAN-PT

Kemudian ketik nama kampus yang ingin kita cek status akreditasinya. Nanti akan muncul: Status Akreditasi, Nomor SK, sampai Status Kadaluarsa seperti nampak dalam gambar.

4. Pencarian prodi

Laman BAN-PTDOK. BAN-PT Laman BAN-PT

Jika ingin mengecek status akreditasi prodi maka akan muncul tampilan seperti gambar tersebut. Kita tinggal mengetik nama kampus dan nama prodi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X