"Simak UI 2019": Prodi Apa yang Paling Diminati?

Kompas.com - 22/07/2019, 18:35 WIB
Ilustrasi. SIMAK UI Dok. SIMAK UIIlustrasi. SIMAK UI

KOMPAS.com – Program Studi ( Prodi) Komunikasi, khususnya Pendidikan Vokasi, menjadi prodi yang paling banyak dipilih pada Seleksi Masuk Universitas Indonesia ( SIMAK UI) 2019. Sebanyak 1.815 pendaftar memilih prodi tersebut.

Seperti dilansir Antara, Senin (22/7/2019), Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti mengatakan, SIMAK UI diadakan sebagai upaya pemerataan kesempatan belajar di UI. Pelaksanaan ujiannya dilakukan serentak di sejumlah kota di Indonesia sehingga siapa pun yang ingin masuk UI bisa mengikuti seleksi tanpa harus datang ke Kampus UI Depok.

Kota tempat digelarnya ujian SIMAK UI 2019 yaitu di DKI Jakarta (lima wilayah kota), Depok, Bekasi, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Bogor, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Suarabaya, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, dan Makassar.

"SIMAK" D3 sampai S3

SIMAK UI merupakan program seleksi mahasiswa UI yang diselenggarakan oleh UI untuk semua prodi dari jenjang vokasi (D3), sarjana (S1) kelas reguler, paralel, sarjana kelas internasional, sarjana kelas ekstensi/paralel bagi lulusan D3, profesi, magister spesialis, dan doktoral (S3).

Baca juga: Dies Natalis Vokasi UI: Inovasi Pembelajaran Jarak Jauh Bersertifikat

“Untuk program S1 reguler, Prodi Hukum dipilih oleh 6.302 pendaftar dan menjadi prodi terbanyak dipilih,” kata Rifelly dalam keterangan tertulis.

Calon mahasiswa program vokasi dan sarjana pada SIMAK UI diperbolehkan memilih lebih dari satu sampai enam prodi dalam satu kali pendaftaran dan ujian.

Adapun materi seleksi SIMAK UI pada jenjang D3 dan sarjana adalah menulis esai untuk mengukur motivasi dan kemampuan softskill dan kemampuan dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan.

Ada pula penambahan Matematika, IPA, Biologi, Fisika, Kimia (kemampuan IPA) atau Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi (kemampuan IPS).

" Simak UI" Internasional

Sementara itu, materi SIMAK UI untuk kelas internasional yakni Mathematics, Biology, Physics, Chemsitry (Natural Science) untuk program studi IPA, serta Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, Sociology (Social Science) untuk program studi IPA. Ada pula syarat TOEFL/IELTS dan wawancara bagi prodi tertentu.

Untuk materi seleksi program pascasarjana dan profesi yaitu Pengukuran Kemampuan/PEKA (dikenal sebagai TPA) dan Bahasa  Inggris.

Sebelumnya, ujian SIMAK UI S1 Kelas Internasional telah dilaksanakan pada Minggu (14/7/2019) di kampus UI Depok, sedangkan ujian SIMAK UI diadakan pada Minggu (21/7/2019).

Ini merupakan SIMAK UI 2019 untuk ke-11 kalinya dilaksanakan sejak 2009. Nantinya hasil ujian SIMAK UI 2019 untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Vokasi diumumkan pada 31 Juli 2019 secara online melalui situs resmi www.penerimaan.ui.ac.id.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X