Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2019, 21:46 WIB
Kurniasih Budi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahasiswa baru Universitas Indonesia bisa mengikuti uji coba layanan Transjakarta di area Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok.

Uji coba tersebut dimulai pada 24 hingga 30 Juli 2019. Rencananya, Transjakarta melayani angkutan publik di kawasan Kampus UI mulai 1 Agustus mendatang.

Itu artinya, mahasiswa maupun dosen UI sudah dapat menikmati layanan Transjakarta di area kampus saat perkuliahan semester ganjil dimulai.

Baca juga: Transjakarta Akan Melintas di Kawasan UI Depok pada Agustus

Adapun masyarakat umum dapat menikmati layanan Transjakarta 4B jurusan Stasiun Manggarai-Universitas Indonesia dan D21 jurusan Universitas Indonesia-Lebak Bulus.

Berdasarkan informasi dari Kepala Humas UI, Rifelly Dewi Astuti, layanan bus Transjakarta gratis di dalam Kampus UI.

Dengan adanya layanan transportasi umum tersebut, mahasiswa, dosen, maupun masyarakat umum bisa turun di halte tiap fakultas yang ada di UI.

Gratis dengan syarat

Sebelumnya, Direktur Utama Transjakarta, Agung Wicaksono mengatakan, ada 35 bus Transjakarta rute Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI yang akan melintas di kawasan Kampus UI, Depok.

Agung menambahkan, Transjakarta berencana menambah rute Kampung Rambutan-Universitas Indonesia, dilansir Kompas.com (10/7/2019).

Jembatan penyeberangan orang yang berlokasi tak jauh dari Stasiun UI. Jembatan ini menjadi akses penghubung bagi pejalan kaki dari arah Jalan Margonda yang hendak menuju komplek Kampus UI, tak terkecuali Stasiun UI sendiri.Kompas.com/Alsadad Rudi Jembatan penyeberangan orang yang berlokasi tak jauh dari Stasiun UI. Jembatan ini menjadi akses penghubung bagi pejalan kaki dari arah Jalan Margonda yang hendak menuju komplek Kampus UI, tak terkecuali Stasiun UI sendiri.

Selama di dalam kawasan Kampus UI, penumpang tidak dikenai biaya. Lain halnya, bila penumpang yang menggunakan Transjakarta tersebut ikut keluar kawasan UI, maka mereka tetap membayar tarif reguler Rp 3.500.

Transjakarta akan menggunakan bus Metrotrans berkapasitas 68 orang, baik duduk maupun berdiri.

Sebagai informasi, mahasiswa UI maupun masyarakat umum selama puluhan tahun menggunakan layanan transportasi gratis dengan armada bus kuning di kawasan Kampus UI Depok. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com