Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Kualitas Internasional, Esa Unggul Siapkan Kampus di Bekasi

Kompas.com - 25/07/2019, 18:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mengejar kualitas universitas kelas dunia, Universitas Esa Unggul (UEU) meningkatkan kualitas baik melalui kualitas akademik dan juga kualitas pelayanan pendidikan sarana dan prasarana.

Komitmen ini ditunjukan dalam seremoni topping off (penutupan atas) pembangungan tahap pertama UEU di Kampus Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat (24/7/2019).

"Prosesi hari ini menunjukkan komitmen Universitas Esa Unggul dalam mewujudkan kampus dengan kualitas akademik dan pelayanan pendidikan terbaik di Indonesia, sesuai dengan visi untuk menjadi World Class University, yang tercermin dari fasilitas yang disediakan di gedung baru UEU – Kampus Harapan Indah Bekasi," jelas Rektor Universitas Esa Unggul, Arief Kusuma Among Praja dalam sambutannya.

Kapasitas 8.000 mahasiswa

Universitas Esa Unggul – Kampus Harapan Indah memiliki lahan seluas 3 hektar. Gedung perkuliahan yang sedang dibangun ini terdiri dari 7 lantai dengan total luas lantai ±10.000 m persegi.

Dalam waktu kurang dari 1 (satu) tahun sejak groundbreaking, pembangungan gedung perkuliahan UEU–Kampus Harapan Indah yang dikerjakan PT Tetra Konstruksindo kini telah melakukan tahap topping off.

Baca juga: Universitas Griffith Didorong Tingkatkan Koneksi dengan Perguruan Tinggi di Indonesia

Gedung ini memiliki 41 ruang kuliah multimedia, yang setara dengan kapasitas 8.000 mahasiswa, dilengkapi dengan Laboratorium Komputer, Laboratorium Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Laboratorium Multimedia, Mini Aula dan ruang Audio Visual.

Selain gedung perkuliahan, juga sedang dibangun fasilitas lapangan olah raga, kantin dan masjid. Begitu pula area parkir yang luas dan nyaman akan melengkapi fasilitas Kampus Harapan Indah.

Semua fasilitas kampus yang direncanakan tersebut akan segera diselesaikan, sehingga mulai semester ganjil tahun akademik 2019/2020, berbagai kegiatan operasional UEU – Kampus Harapan Indah akan diselenggarakan di gedung baru ini.

Berbagai fasiltas penunjang lainnya juga akan segera dipersiapkan berupa auditorium, ruang galeri dan pameran.

Tingkatkan daya tampung

Dalam jangka 5–10 tahun, akan terus dikembangkan fasilitas-fasiltas tambahan dan gedung baru sesuai dengan master plan Yayasan Pendidikan Kemala Bangsa.

UEU Kampus Harapan Indah diharapkan nantinya dapat meningkatkan daya tampung untuk memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi berkualitas di wilayah Bekasi serta wilayah Jakarta bagian Timur dan Utara.

Acara topping off hari ini dihadiri Rektor Universitas Esa Unggul, Arief Kusuma Among Praja, jajaran Wakil Rektor beserta pengurus Yayasan Pendidikan Kemala Bangsa, Dekan Fakultas dan Ketua Program Studi.

Kampus ini melengkapi 3 kampus sebelumnya yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat (Kampus Utama), Kampus Esa Unggul Citra Raya, Tangerang dan Kampus Internasional Gading Serpong, Tangerang.

Kerja sama internasional

Seremoni topping off (penutupan atas) pembangungan tahap pertama UEU di Kampus Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat (24/7/2019). DOK. UNIVERSITAS ESA UNGGUL Seremoni topping off (penutupan atas) pembangungan tahap pertama UEU di Kampus Harapan Indah Bekasi, Jawa Barat (24/7/2019).

Dalam usianya ke-26, Universitas Esa Unggul telah memiliki 10 Fakultas dengan 26 program studi Strata 1, 2 program stud D-3, 2 program profesi (NERS dan Fisioterapi) dan 7 program Magister (Strata 2) yang kesemuanya telah terakreditasi BAN-PT.

Universitas Esa Unggul juga memiliki program internasional yang menyelenggarakan joint degree bekerjasama dengan universitas partner dari China, Taiwan maupun Korea.

Universitas Esa Unggul berkomitmen mengembangkan diri untuk bisa mewujudkan visinya, yaitu menjadi perguruan tinggi kelas dunia berbasis intelektualitas, kreatifitas dan kewirausahaan yang unggul dalam mutu pengelolaan (proses) dan hasil (output) kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com