Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ASEAN-Australia Young Leaders Forum, Ajang Calon Pemimpin Muda

Kompas.com - 30/07/2019, 19:45 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – ASEAN-Australia Young Leaders Forum (AAYLF) 2019 merupakan forum intensif berlangsung selama empat hari dengan tujuan menumbuhkan generasi kepemimpinan selanjutnya dalam hubungan ASEAN-Australia.

Peserta mengikuti forum ini akan mengembangkan pengetahuan lebih mendalam tentang hubungan ASEAN-Australia, menambah pengembangan keterampilan antar-budaya lebih kuat, membangun jaringan regional anak muda berpikiran sama, serta mendesain dan mengimplementasikan berbagai proyek meningkatkan hubungan ASEAN-Australia.

AAYLF menjadi ajang berkumpulnya 40 pemimpin muda berusia antara 18 dan 29 tahun. Mereka dinilai telah menunjukkan kapasitas dan komitmen memecahkan tantangan di wilayahnya masing-masing.

Bekal keahlian

Seperti dipublikasikan di laman resmi ASEAN-Australia Strategic Youth Partnership, delegasi yang dikirim merupakan campuran mahasiswa, seniman, profesional muda, dan pengusaha dari 10 negara di wilayah ASEAN dan Australia.

Baca juga: Wahai Warga Bekasi, Masih Ada Kesempatan Ikut Beasiswa Kuliah Ini

AAYLF 2019 terdiri dari tiga tahap, yaitu kursus pra-forum, forum, dan peran pasca-forum Strategic Young Leader.

Format ini dibuat untuk memastikan delegasi memiliki peluang lebih besar memaksimalkan pembelajaran mereka, memperluas jaringan baru, dan mengembangkan ide-ide mereka menjadi tindakan nyata memperkuat hubungan antara ASEAN dan Australia.

AAYLF juga bertujuan membekali para pemimpin muda dari seluruh Australia dan ASEAN dengan keterampilan, alat, dan keahlian dibutuhkan untuk menjadi pendukung dan agen perubahan yang bersemangat membentuk masa depan kawasan lebih baik.

Syarat peserta

Untuk mengajukan permohonan mengikuti AAYLF, calon delegasi harus memenuhi berbagai persyaratan sebagai berikut:

1. Berumur antara 18 dan 29 tahun pada 29 November 2019.

2. Memiliki bahasa Inggris yang baik.

3. Mampu berkomitmen untuk menyelesaikan kurikulum pra-forum secara online.

4. Bersedia untuk menghadiri AAYLF di Jakarta antara 28 November dan 3 Desember 2019, serta memenuhi persyaratan visa yang berlaku.

5. Terlibat aktif dalam urusan-urusan terkini yang berdampak pada negara-negara anggota ASEAN dan/atau hubungan ASEAN-Australia.

6. Bersedia bertindak sebagai ASEAN-Australia Strategic Youth Leader selama 12 bulan setelah forum tersebut.

7. Memegang paspor nasional yang valid untuk di negara anggota Australia atau ASEAN.

8. Mengirim aplikasi lengkap mereka (terdiri dari aplikasi tertulis dan video pendek) dengan batas waktu pengiriman maksimal 9 Agustus 2019.

Bagi calon peserta berminat, wajib mengetahui keterangan lain mengenai kriteria seleksi, cara mengirim aplikasi, rincian batas waktu pengiriman aplikasi, dan berbagai informasi lain, silakan mengakses langsung ke https://aasyp.org.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com