Bangga, Paduan Suara UNS Raih 8 Penghargaan Internasional di Italia

Kompas.com - 31/07/2019, 10:30 WIB
Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berhasil menorehkan prestasi di kancah Internasional menyabet 8 penghargaan dari dua kompetisi paduan suara internasional bergengsi yang digelar di Italia, yaitu 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di Gorizia pada 19-22 Juli 2019, dan 8th International Choir and Orchestra Festival di Florence pada 24-26 Juli 2019. DOK. UNSPaduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berhasil menorehkan prestasi di kancah Internasional menyabet 8 penghargaan dari dua kompetisi paduan suara internasional bergengsi yang digelar di Italia, yaitu 58th Seghizzi International Choral Singing Competition di Gorizia pada 19-22 Juli 2019, dan 8th International Choir and Orchestra Festival di Florence pada 24-26 Juli 2019.

KOMPAS.com – Berita membanggakan datang dari Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret ( UNS) Surakarta yang berhasil menorehkan prestasi di kancah Internasional menyabet 8 penghargaan.

Penghargaan tersebut diperoleh dari dua kompetisi paduan suara internasional bergengsi yang digelar di Italia, yaitu "58th Seghizzi International Choral Singing Competition" di Gorizia pada 19-22 Juli 2019, dan "8th International Choir and Orchestra Festival" di Florence pada 24-26 Juli 2019.

Di sela rangkaian kegiatan di Italia, PSM Voca Erudita UNS juga memanfaatkan kesempatan itu untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Italia melalui rangkaian konser misi budaya yang digelar di kota Mossa dan beberapa gereja di kota Florence, Italia.

Tampil atraktif berkat dukungan koreografi arahan koreografer Paulus Krisna Wisnumurti, penampilan PSM UNS Voca Erudita berhasil memukau masyarakat Italia berkat sajian lagu-lagu daerah dalam kategori folklore dan saat konser misi budaya.

Perwakilan tunggal Indonesia

PSM UNS Voca Erudita yang dibina Prof. Susy Susmartini, dipandu 2 konduktor, Redi Sabtono  dan Ardian Dika Adhyatma serta diperkuat oleh 34 penyanyi ini memulai kompetisi pertama di "58th Seghizzi International Choral Singing Competition".

Baca juga: UNS Solo Benteng Pancasila, PSM Voca Erudita Jadi Duta Generasi Milenial

Ajang ini merupakan kompetisi paduan suara internasional tertua dan bergengsi di Eropa yang diselenggarakan di kota Gorizia, Italia.

Tim paduan suara yang tampil di ajang tersebut adalah tim yang telah lolos berbagai tahap audisi dan PSM UNS Voca Erudita terpilih menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia. 

PSM PSM UNS Voca Erudita berkesempatan menunjukkan kemampuannya di mata dunia dengan bersaing ketat bersama 12 tim paduan suara lainnya yang berasal dari 10 negara berbeda.

Voca Erudita berhasil terpilih sebagai salah satu dari 6 tim paduan suara yang lolos ke Babak Grand Prix dan bersaing dengan 5 paduan suara terpilih lainnya yang berasal dari Austria-Lithuania, Kanada, Filipina, Jepang, dan Ukraina.

Pada ajang ini Voca Erudita berhasil menyabet 4 penghargaan yaitu "4th Place of category 1D “Historical Period since 1911 to the present day”, 3rd Place of category 2A “Folk and traditional songs”, Prize Choreography and Costumes, dan 4th Place of 31st Grand Prix Seghizzi.

Kategori penampil terbaik

Perjalanan PSM Voca Erudita UNS berlanjut pada kompetisi kedua, yaitu "8th International Choir and Orchestra Festival" yang merupakan kompetisi paduan suara dan orkestra yang diadakan di jantung kota Florence, Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X