Dukung Usaha Muda, Universitas Pertamina Gelar Kuliah Kewirausahaan

Kompas.com - 02/08/2019, 07:38 WIB
Kuliah umum dengan tema Kewirausahaan Pemuda 2019 di Universitas Pertamina, Jakarta, Kamis (1/8/2019). KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAKuliah umum dengan tema Kewirausahaan Pemuda 2019 di Universitas Pertamina, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

KOMPAS.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerja sama dengan Universitas Pertamina menggelar kuliah umum Kewirausahaan Pemuda 2019 bertema “Entrepreneurial Mindset dan Motivasi Kewirausahaan” di kampus Universitas Pertamina, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, pemilihan kegiatan tersebut di kampus karena dinilai sebagai tempat berkumpulnya anak muda yang memiliki kreativitas dan inovasi.

Kampus merupakan center of excellence. Tempat anak muda yang berdedikasi, kreatif, dan inovatif. Karena itu, Kemenpora menjaring di titik strategis ini untuk mencari potensi anak muda yang memiliki kemampuan pengembangan kewirausahaan,” ujar Asrorun saat ditemui seusai kuliah umum tersebut.

Ia mengharapkan setelah kuliah ini akan muncul para pengusaha muda baru yang mempunyai dedikasi, kreativitas, inovasi, dan keberanian untuk mulai melakukan wirausaha.

Dukungan hibah

Kemenpora akan memberi pendampingan berupa dukungan fasilitas pembiayaan yang bersifat hibah agar anak-anak muda segera memulai usaha dan semakin mantap dalam menjalankannya.

Baca juga: Beasiswa Sarjana S1 di 12 Universitas Tanah AIr dari Etos ID

Dukungan itu diberikan karena ada kemungkinan lembaga pembiayaan bank dan non-bank belum menaruh kepercayaan kepada pengusaha muda untuk memberikan pembiayaan.

“Bisa jadi lembaga pembiayaan dan pelaku usaha lain belum cukup percaya terhadap mereka (pengusaha muda), makanya Kemenpora mendukung pembiayaan. Diharapkan mereka tumbuh, membangun network, lalu berkolaborasi, termasuk dengan lembaga pembiayaan bank dan non-bank,” jelas Asrorun.

Dia pun mengungkapkan dua alasan dipilihnya Universitas Pertamina sebagai tempat diselenggarakannya kegiatan kewirausahaan ini. Pertama, terkait dengan apresiasi dan potensi yang dimiliki. Kampus itu memberikan respons yang cepat dalam proses penawaran kerja sama.

Alasan kedua yaitu daya dukung. Maksudnya, kampus itu mempunyai infrastruktur yang memadai berupa kelembagaan yang secara khsuus menangani pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

“Ini jadi salah satu faktor Kemenpora memilih Universitas Pertamina. Kampus ini punya concern yang sama dalam pengembangan kewirausahaan,” imbuhnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X