Sambut Ajakan Jokowi Soal Potensi Diaspora, IDN Gelar Kongres Diaspora ke-5

Kompas.com - 05/08/2019, 20:16 WIB
Konferensi pers (5/8/2019) terkait rencana IDN Global menggelar ?The Fifth Congress of Indonesian Diaspora? (CID-5) akan pada 10-13 Agustus 2019 di Jakarta.

DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARKonferensi pers (5/8/2019) terkait rencana IDN Global menggelar ?The Fifth Congress of Indonesian Diaspora? (CID-5) akan pada 10-13 Agustus 2019 di Jakarta.

KOMPAS.com- Presiden terpilih Joko Widodo dalam pidato pertamanya di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Minggu (14/7/2019) menyampaikan akan memberikan perhatian khusus kepada diaspora yang memiliki bakat besar untuk memberikan sumbangan demi percepatan pembangunan Indonesia.

Menyambut hal itu, Indonesian Diaspora Network Global (IDN Global) berencana menggelar Kongres Diaspora Indonesia ke-5 “The Fifth Congress of Indonesian Diaspora” (CID-5) akan pada 10-13 Agustus 2019 di Jakarta.

"Undangan Pak Jokowi tentang potensi diaspora untuk membantu Indonesia, itu yang coba kita buat menjadi nyata melalui Kongres Diaspora Indonesia ke-5 ini," jelas Presiden IDN Global 2017 – 2019 Mark Gerald Eman dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta (5/8/2019).

Tema utama penguatan SDM

Hal senada dijelaskan Wakil Ketua Umum IDN Global (2017 – 2019) Said Zaidansyah, "Kongres ini akan mempertemukan Diaspora Indonesia untuk berdiskusi mengenai isu dan tantangan pembangunan Sumber Daya Manusia dari berbagai sektor."

Baca juga: Membangun Kekuatan Indonesia dari Dunia lewat Diaspora

Tahun ini CID akan mengangkat tema “Empowering Indonesia’s Human Capital” di mana tujuan akhir dari konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas SDM.

Tema ini diangkat sejalan dengan arahan Presiden Jokowi perihal pembangunan SDM dan diaspora.

“Pada perhelatan kali ini kami berusaha menghadirkan semua topik utama dari isu ekonomi, Sumber Daya Manusia, pekerja migran Indonesia hingga kebudayaan. Kongres ini adalah salah satu bentuk dukungan kami atas visi 2045 yang digaungkan oleh Presiden Jokowi Widodo yang menyoroti Human Capital Development”, ujar Chairman Board of Trustees IDN-Global (2017-2019) Dino Patti Djalal.

Aset SDM diaspora 

"Saat ini sudah ada 1.600 teman-teman diaspora dari 77 negara teregistrasi untuk mengikuti kongres tahun ini. Teman-teman diaspora berkomitmen ambil bagian membuat Indonesia hebat," jelas Mark Gerald Eman.

Kongres ini jauh lebih besar dibanding CID lalu yang diikuti 55 negara saat CID ke-5 mengundang Presiden Obama.

Iwan berharap melalui kongres ini diaspora semakin solid untuk memberikan kontribusi untuk Indonesia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X