Prestasi Gemilang, Indonesia Peringkat 5 Lomba Debat Internasional

Kompas.com - 06/08/2019, 08:13 WIB
Siswa Indonesia lewat ajang World School Debating Championship (WSDC) 2019 atau Kejuaraan Debat Antarsekolah Tingkat Dunia di Bangkok, Thailand, 24 Juli - 1 Agustus 2019 tersebut meraih penghargaan Best English as Foreign Language (EFL) Speaker dan dinobatkan sebagai The 5th Best EFL Team.DOK. KEMENDIKBUD Siswa Indonesia lewat ajang World School Debating Championship (WSDC) 2019 atau Kejuaraan Debat Antarsekolah Tingkat Dunia di Bangkok, Thailand, 24 Juli - 1 Agustus 2019 tersebut meraih penghargaan Best English as Foreign Language (EFL) Speaker dan dinobatkan sebagai The 5th Best EFL Team.

KOMPAS.com - Prestasi gemilang kembali diraih pelajar Indonesia lewat ajang World School Debating Championship (WSDC) 2019 atau Kejuaraan Debat Antarsekolah Tingkat Dunia.

Dalam kejuaraan yang berlangsung di Bangkok, Thailand, 24 Juli sampai dengan 1 Agustus 2019 tersebut, Indonesia meraih penghargaan Best English as Foreign Language (EFL) Speaker dan dinobatkan sebagai The 5th Best EFL Team.

Penghargaan Best EFL Speaker atau Pembicara Terbaik diraih oleh Joshua Karel Riantoputra, siswa SMA Negeri 2 Tangerang Selatan. Prestasi serupa juga pernah diraih Indonesia dalam ajang WSDC empat tahun lalu.

Kategori EFL sendiri adalah kategori bagi negara-negara peserta yang tidak menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa utama negaranya, atau dengan kata lain, bahasa asing.

Masuk peringkat 5

Dilansir dari laman resmi Kemendikbud, prestasi ini membuat untuk pertama kalinya dalam sepuluh tahun terakhir Indonesia berhasil menduduki ranking dua belas dari 63 negara peserta di seluruh dunia.

Baca juga: Merah Putih Berkibar, Indonesia Raih Medali Olimpiade Matematika di Inggris

 

Indonesia juga masuk ke dalam posisi lima besar dari tiga puluh negara peserta kategori EFL.

Setelah melalui delapan babak penyisihan, tim Indonesia mampu mengumpulkan 5 kemenangan dengan 18 ballots (suara dari juri).

Kemenangan Indonesia semuanya bersifat kemenangan mutlak atas negara Chili, Turki, Slovakia, UEA, dan Jepang. Tiga kekalahan split decision (tidak mutlak) dari negara Amerika Serikat, Irlandia, dan Denmark.

Dengan nilai tersebut, Indonesia melaju ke babak eliminasi Partial Double Octofinals. Dalam babak ini Indonesia berhasil mengalahkan tim dari Yunani.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X