KILAS

Fahri: Bukan Rektor Asing, Ranking Perguruan Tinggi Tanggung Jawab Kemenristekdikti

Kompas.com - 07/08/2019, 15:24 WIB
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/7/2019).KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

KOMPAS.com – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia ( DPR RI) Fahri Hamzah mengatakan pemerintah harus memiliki konsep yang jelas dalam meningkatkan kualitas dan ranking perguruan tinggi.

Menurutnya, tugas tersebut menjadi tanggung jawab dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan bukan menjadi tanggung jawab pihak asing.

Hal itu diungkapkan Fahri terkait wacana Kemenristekdikti mengundang rektor dari luar negeri untuk memimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Yang bertanggung jawab regulatif dan konsep operasionalnya ada pada pemerintah sebagai pembuat undang-undang dan sebagai pengelola sektoral,” ujar Fahri di Gedung DPR, Jakarta sesuai rilis tertulis, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: Anggota Komisi VII DPR Tak Setuju PLN Pangkas Gaji Karyawan Demi Ganti Rugi Pemadaman Listrik

Ia menambahkan, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) sebagai pengelola sektoral juga bisa memakai kekuatan politiknya untuk mengelola sektor itu.

“Seharusnya konsep memodernisasi kampus itu datangnya dari pemerintah, bukan pihak asing,” ujarnya.

Asal tahu saja, saat ini terdapat 4.700 perguruan tinggi di Indonesia, tetapi yang sudah masuk daya saing dunia hanya tiga perguruan tinggi saja.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X