Ikuti "FIRA Roboworldcup" di Korsel, Tim Robotika ITS Siap Unjuk Gigi

Kompas.com - 09/08/2019, 19:13 WIB
Pembina Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Muhtadin (kanan), saat mempresentasikan robot-robot yang akan dibawa untuk mengikuti FIRA Roboworldcup 2019 di Korea Selatan.Dok. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Pembina Tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Muhtadin (kanan), saat mempresentasikan robot-robot yang akan dibawa untuk mengikuti FIRA Roboworldcup 2019 di Korea Selatan.


KOMPAS.com – Menghadapi ajang Federation of International Robot-sport Association (FIRA) Roboworldcup 2019, tim Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS) menyatakan siap menampilkan kebolehannya.

Perhelatan internasional itu akan diadakan di Changwon, Korea Selatan, pada tanggal 11 sampai 16 Agustus 2019. Selain ITS, kampus lain yang juga mengirimkan perwakilan ke sana yaitu dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Pada Kamis (8/8/2019), Rektor ITS Mochamad Ashari melepas secara resmi keberangkatan tim yang terdiri dari 19 mahasiswa dan dua dosen pembimbing itu di halaman Gedung Rektorat ITS.

Bawa 8 robot

“Pada kompetisi taraf internasional ini kami (tim Robotika ITS) memboyong delapan robot andalan kami untuk memperebutkan gelar juara dari tiga kategori lomba yang berbeda,” kata Pembina Tim Robotika ITS, Muhtadin, seperti dipublikasikan laman resmi ITS.

Baca juga: Viral Skripsi 3.045 Halaman, Humas ITS Sebut Paling Tebal di Kampus

Dia mengungkapkan, sebelumnya FIRA merupakan kompetisi robot internasional yang peruntukkannya khusus sepak bola, makanya disebut sebagai Federation of International Robot-soccer Association.

Namun, terjadi pergantian kepanjangannya menjadi Federation of International Robot-Sport Association dalam beberapa tahun terakhir karena yang dilombakan tidak hanya sepak bola.

“Ada berbagai kategori lomba lain yang baru, seperti panahan, angkat beban, robot terbang, dan lain lain,” ucap Muhtadin yang merupakan dosen Jurusan Teknik Komputer ITS.

Ikut 3 kategori

Tim ITS akan mengikuti tiga kategori lomba, yaitu HuroCup, RoboAir, dan RoboSot. Untuk kategori HuroCup, ITS akan melakukan unjuk gigi melalui tiga robot humanoid andalan sebagai hasil karya dari Tim Ichiro.

Mereka akan bersaing dalam divisi sepak bola, angkat beban, panahan, lari, dan halang rintang.

Sementara itu, pada kategori RoboAir, ITS menampilkan dua robot terbang karya Tim Bayucaraka. Kemudian pada kategori RoboAir, nantinya ITS berkompetisi untuk melakukan pemindaian barcode pada dua gedung secara otomatis dan navigasi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X