Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hak Dasar Pendidikan Anak TKI, Mendikbud Dorong Penguatan CLC

Kompas.com - 09/08/2019, 21:05 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Muhammad melakukan pertemuan tahunan Indonesia-Malaysia di Kuala Lumpur, Jumat (9/8/2019).

Sehubungan dengan itu, saat mendampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (8/8/2019), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengharapkan agar pertemuan tersebut juga membahas masalah tentang pendidikan kepada putra-putri dari tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia.

“Isu yang sekarang sedang kita usahakan nanti bisa diselesaikan dalam pembicaraan yaitu berdirinya sekolah-sekolah yang di wilayah semenanjung, yaitu community learning center (CLC) yang belum bisa direalisasikan,” ujar Muhadjir, seperti diberitakan situs resmi Sekretariat Kabinet, Jumat (9/8/2019).

Dia mengutip pernyataan pertama PM Mahathir Muhammad ketika berkunjung ke Jakarta pada tahun lalu yang menyatakan pentingnya pemberian layanan dasar, yaitu pendidikan, yang merupakan hak anak-anak Indonesia yang berada di Malaysia.

Baca juga: Vokasi UI Gandeng 6 Universitas Gelar Konferensi Internasional Program Pendidikan Vokasi

Menurut dia, semua CLC yang berlokasi di wilayah Sabah dan Sarawak sudah berjalan, sekarang tinggal meningkatkan kualitas dan jumlah daya tampungnya.

Dengan demikian, kehadiran negara diharapkan bukan hanya untuk wilayah terluar, melainkan wilayah di luar batas negara Indonesia itu juga benar-benar diperhatikan dengan baik karena itu merupakan tanggung jawab negara dan hak warga negara untuk mendapatkan layanan tersebut.

“Kami sudah bertemu beberapa kali untuk membicarakan itu, termasuk yang terakhir di sidang SEAMEO kemarin di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu. Saya dengan menteri pendidikan sini, yaitu Yang Mulia Maszlee Malik juga sudah membicarakan itu. Mudah-mudahan dengan kehadiran Bapak Presiden bisa lebih cepat terealisasi,” imbuh Muhadjir.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun menuturkan, Indonesia memiliki 294 CLC di wilayah Sabah dan Sarawak, dengan jumlah siswa yang cukup banyak, yakni 16.191 orang.

“Jadi dari angka 16.000 ini juga teman-teman bisa melihat banyak sekali anak-anak yang sekarang sudah mendapatkan pendidikan dan Pak Mendikbud tadi juga sudah sampaikan bahwa kita ingin mendapatkan hak pendidikan itu di semenanjung,” kata Retno. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com