Tepis Keraguan, SMKN 12 Bandung Hasilkan Lulusan Langsung Kerja

Kompas.com - 10/08/2019, 15:38 WIB
SMKN 12 Bandung bekerja sama dengan PT JABIL, perusahaan publik asal Amerika Serikat yang memproduksi detail part component untuk pesawat terbang. Dok. Dinas Pendidikan Jawa BaratSMKN 12 Bandung bekerja sama dengan PT JABIL, perusahaan publik asal Amerika Serikat yang memproduksi detail part component untuk pesawat terbang.

KOMPAS.com – Sebagian anggota masyarakat masih menganggap remeh kualitas lulusan sekolah menengah kejuruan ( SMK). Bahkan ada yang meragukan bahwa lulusan SMK banyak yang menjadi pengangguran.

Namun, SMKN 12 Bandung menampik hal itu melalui kerja sama yang dilakukan dengan PT JABIL, perusahaan publik dari Amerika Serikat yang memproduksi detail part component pesawat terbang, mulai dari sistem, mesin, hingga struktur.

Dengan perusahaan tersebut, SMKN 12 melakukan penjaringan tenaga kerja khusus bagi lulusannya.

Ketua Bursa Kerja Khusus (BKK) SMKN 12 Bandung, Ambar Muwardi, mengatakan, tidak benar ada anggapan bahwa SMK merupakan penyumbang pengangguran paling banyak.

Sebab, pihak sekolah telah memberikan kesempatan kepada para lulusannya untuk bekerja di sejumlah perusahaan. Kesempatan itu diwujudkan melalui kehadiran BKK sebagai penghubung antara perusahaan dan sekolah.

Jamin siap kerja

"Tim BKK bertugas mencari perusahaan yang mungkin membutuhkan lowongan pekerjaan. Selain itu, kami juga menawarkan kompetensi apa saja yang dimiliki sekolah kepada setiap perusahaan," ucap Ambar, seperti dilansir laman resmi Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jumat (9/8/2019).

Baca juga: Ganjar Unggah Surat dari Siswa SMK di Medsos, Netizen Terharu

Jika sudah ada kesepakatan, lanjutnya, maka proses penerimaan calon pekerja bisa dilakukan. Dia pun merasa yakin bahwa selain SMKN 12, masih banyak sekolah yang juga berupaya memberikan jaminan kerja kepada para lulusannya.

Dia pun mengungkapkan bahwa sekolahnya menerima banyak permintaan dari perusahaan penerbangan setiap tahun, misalnya dari PT Dirgantara Indonesia, Merpati Airlines, dan Garuda Airlines. Ada pula perusahaan lain, seperti Astra Honda Motor dan perusahaan vaksin.

"Jadi, rekrutmen yang dilakukan hari ini bukan yang pertama kali. Kami sudah melakukannya beberapa tahun ke belakang. Yang lebih membanggakan, kami pernah kehabisan stok siswa karena banyaknya permintaan dari perusahaan," ujar Ambar.

Dikatakan bahwa SMKN 12 menjamin lulusannya siap bekerja. Hal itu berlaku bagi siswa untuk semua jurusan, yaitu permesinan pesawat udara, konstruksi rangka pesawat udara, konstruksi badan pesawat udara, elektronika pesawat udara, kelistrikan pesawat udara, serta airframe dan powerplant.

Ditambah lagi, berbagai jurusan di SMKN 12 Bandung lebih dominan di bidang manufaktur dibanding maintenance. Hal itu membuat permintaan pekerja tidak hanya berasal dari perusahaan penerbangan, tetapi juga dari perusahaan umum.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X