Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Austria Jadi Negara Paling Layak Dihuni, Ini Pilihan Beasiswa di Sana

Kompas.com - 12/08/2019, 11:04 WIB
Erwin Hutapea,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Austria merupakan salah satu negara tujuan favorit untuk dikunjungi. Banyak orang memiliki keinginan tinggal di sana. Ada berencana untuk bekerja, ada pula datang untuk menjalani studi.

Bahkan Wina sebagai ibu kota Austria terpilih menjadi kota paling layak huni di dunia selama 10 tahun berturut-turut. Negara ini menawarkan jaminan sosial, stabilitas ekonomi, dan sambutan hangat dari para warganya.

Bicara tentang peluang pendidikan, Austria telah memberikan bukti yang menunjukkan pendidikan berkualitas dengan menggabungkan tradisi panjang pendidikan tinggi dan kecanggihan dunia penelitiannya.

Seni hingga ilmu terapan

Ada berbagai program gelar yang bisa dipilih sesuai minat masing-masing, misalnya program berbasis penelitian di universitas, pendidikan seni, kursus berorientasi praktik di universitas ilmu terapan, dan kursus inovatif di universitas swasta.

Baca juga: Kuliah di Eropa lewat Beasiswa SHARE, Ini Daftar 42 Kampus Partisipan

Sejumlah lembaga pun menyediakan program beasiswa yang mempermudah untuk mewujudkan rencana studi di Austria. Salah satunya beasiswa OeAD (Austrian Database for Scholarships and Research Grants).

Pelajar dan peneliti internasional dapat mengajukan diri untuk mendapatkan beasiswa ini. Ada berbagai opsi bantuan pembiayaan sesuai negara asal dan tingkat akademik calon peserta yang berminat.

Ragam pilihan beasiswa

Menurut keterangan di laman resminya, beasiswa ini bisa saja diberikan oleh berbagai lembaga lainnya, misalnya berupa organisasi pendukung keuangan, yayasan, dan lain-lain.

Penawaran beasiswa OeAD ditujukan kepada mahasiswa tingkat sarjana, master, PhD, dan pasca-doktoral, serta peneliti. Namun, program ini tidak memberi dukungan pembiayaan penuh untuk mahasiswa program sarjana. Begitu pula untuk jenjang lainnya, bantuan keuangan hanya diberikan sebagian.

Untuk mengetahui informasi lengkap, silakan mengunjungi langsung situs resminya di https://oead.at/en/to-austria/grants-and-scholarships/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com