Dituntut Inovatif dan Kreatif, 694 Guru Ikuti Pemilihan GTK Berprestasi 2019

Kompas.com - 15/08/2019, 12:23 WIB
Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mengadakan konferensi pers di Ruang Rapat Ditjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikud), Jakarta, Senin (12/08/2019)Dok. Humas GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mengadakan konferensi pers di Ruang Rapat Ditjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikud), Jakarta, Senin (12/08/2019)

 

KOMPAS.com – Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) menyelenggarakan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional setiap tahun.

Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional pada tahun ini diadakan mulai 13 hingga 18 Agustus 2019 di sejumlah lokasi di Jakarta.

Ajang tersebut diikuti oleh 694 guru yang menjadi perwakilan dari 34 provinsi. Terdapat 28 kategori penilaian yang diikuti oleh para peserta. Mereka akan berkompetisi serta saling berbagi inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran.

Direktur Jenderal GTK, Supriano, mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para guru yang sudah menghadirkan inovasi dan memperlihatkan kreativitas mereka dalam pembelajaran.

Baca juga: Pengabdian Guru di Daerah Terpencil dan Tertinggal Akan Diapresiasi Kemdikbud

Di samping itu, pemberian apresiasi terhadap guru sesuai dengan program pembangunan lima tahun ke depan yang difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia.

“Output peserta didik yang unggul ada peran serta guru di situ karena mereka mendapat pelayanan pendidikan dan kompetensi sesuai kebutuhan,” ucap Supriano, seperti dilansir situs resmi Kemendikbud, Selasa (13/8/2019).

Melalui Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi, Diharapkan guru mampu menghasilkan berbagai praktik baik dalam pembelajaran yang bisa mencetak peserta didik yang unggul.

Senada dengan itu, Sekretaris Direktorat Jenderal GTK, Muhammad Qudrat Wisnu Aji, menuturkan, tidak hanya mengikuti penilaian yang sudah ditentukan, tetapi para guru juga akan mengikuti Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia pada 16 Agustus 2019.

“Sebagian peserta juga nanti akan mengikuti upacara 17 Agustus di Istana Negara,” ujar Wisnu Aji.

Untuk diketahui, sebanyak 694 guru peserta Pemilihan GTK tahun ini terdiri dari 111 guru PAUD, 113 guru pendidikan dasar, 163 guru pendidikan menengah, dan 307 tenaga kependidikan.

Mereka berhasil melewati berbagai jenis seleksi secara bertahap mulai dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat provinsi sehingga bisa mewakili daerahnya masing-masing pada Pemilihan GTK Tahun 2019.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X